Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Indonesia
Irmawati Irmawati Madrasah Aliyah Ponpes Modern Darul Istiqamah, Jl. H. A. Syafawi Murakata Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Indonesia Indonesia
Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Jalan Brigjend. H. Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Indonesia Indonesia
(1) Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
(2) Madrasah Aliyah Ponpes Modern Darul Istiqamah, Jl. H. A. Syafawi Murakata Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Indonesia
(3) Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Jalan Brigjend. H. Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Indonesia
(4) Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Jalan Brigjend. H. Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian dilakukan bertujuan mengetahui pengaruh media film dokumenter terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian eksperimen ini mengadopsi desain posstest-only control dengan dua sampel kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas X MIA dengan sampel kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 3, ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui metode tes dengan bentuk soal esai. Uji prasyarat maupun analisis dilakukan guna membuktikan pengaruh media film dokumenter terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasilnya, siswa yang diajar menggunakan media film dokumenter memperolehrerata skor sebesar 70,74, sedang siswa yang diajar tanpa menggunakan media tersebutmemperolehrerata skor sebesar 52,29. Artinya terdapat perbedaan keterampilan berpikir antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Hasil analisis Mann-Whitney menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,00<0,05. Diperkuat melalui hasil penghitungan effect size sebesar d=1,395 (0,8<d<2,0) sehingga dinyatakan media film dokumenter berpengaruh sangat signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia
Phone (082278042958 Johan Setiawan) (historiaummetro@gmail.com)