Pengembangan Buku Digital Kerajaan Sriwijaya Berbasis Flip Book Maker Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas
(1) Yogyakarta State University
(2) Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Buku digital adalah salah satu contoh pemanfaatan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Buku digital Kerajaan Sriwijaya berbasis flip book maker pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 2 Ogan Ilir adalah produk yang belum ada dan perlu dikembangkan sehingga dapat menjadi inovasi untuk sekolah ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku digital Kerajaan Sriwijaya berbasis flip book maker pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Metode penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kevalidan buku digital dinilai oleh tiga pakar yakni ahli materi, media, dan bahasa. Buku digital Kerajaan Sriwijaya menggunakan flip book maker valid dan efektif. Hasil dari validitas mendapatkan nilai 4,03 masuk kategori valid. Efektifitas ditunjukkan dari hasil field test yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 34,41% sehingga diperoleh dari N-gain sebesar 0,63 yang masuk dalam kategori sedang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v11i1.6937
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia.
Phone (+6282278042958 Johan Setiawan) (historiaummetro@gmail.com)
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah