Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP)

F. Fahruddin(1*),

(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji evaluasi program pembelajaran sejarah di SMA dengan model CIPP yang terdiri dari evaluasi konteks, masukan, proses dan produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi dokumen atau teks dengan menganalisis bahan tertulis sesuai dengan konteks kebutuhan evaluasi pembelajaran. Model CIPP menawarkan pelaksanaan evaluasi secara komprehensif yang dinilai tepat diterapkan dalam program pembelajaran sejarah. Model CIPP dalam penelitian ini meliputi konteks yang diterapkan pada kesadaran sejarah, masukan diterapkan pada kinerja guru, proses diterapkan pada media pembelajaran, dan produk diterapkan pada sikap nasionalisme. Hasil dari evaluasi model CIPP mampu menghasilkan tingkat akurasi yang tinggi yang dapat dijadikan bahan evaluasi bagi guru sejarah dan kepala sekolah.


Keywords


Evaluation; CIPP; Model; Historical Learning; pendidikan; sejarah;

References


Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelejaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Aman. (2013). Pengembangan Model Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Di Sma. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 437–456. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1126

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eko, W. P. (2016). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fahruddin. (2018). Hubungan Kinerja Guru, Sikap Nasionalisme dan Kesadaran Sejarah dengan Prestasi Belajar Sejarah Peserta Didik SMA di Yogyakarta Tahun Ajaran 2017-2018 (hal. 61–62). Universitas Negeri Yogyakarta.

Hernández-Ramos, P., & De La Paz, S. (2009). Learning History in Middle School by Designing Multimedia in a Project-Based Learning Experience. Journal of Research on Technology in Education, 42(2), 151–173. https://doi.org/10.1080/15391523.2009.10782545

Ivancevich, J. M. (2010). Management, Human Resource. Mc Graw Hil.

Lewis, S. V., Robinson, E. H., & Hayes, B. G. (2011). Implementing an Authentic Character Education Curriculum. Childhood Education, 87(4), 227–231. https://doi.org/10.1080/00094056.2011.10523183

Mamoura, M. (2013). History Teachers ’ Conceptions of Professional Identity in Developing Historical Consciousness to Students. American International Journal of Social Science, 2(7), 49–57. https://doi.org/10.30845/aijss

Mukodi. (2013). Pendidikan, ideologi, dan budaya: sebuah diskursus. Pacitan: LPPM Press.

Mulyana, A. (2008). Mengembangkan Materi Kontemporer Dalam Pembelajaran Sejarah. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Rusman. (2012). Model-model Pemebelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 7(1), 9–17. https://doi.org/prefix 10.17977

Stufflebeam DL. (2003). The CIPP model for evaluation. In the Annual Conference of the Oregon Program Evaluators Network (OPEN).

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh Media. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 183–190. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259

Sunarso. (n.d.). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Uiversitas Negeri Yogyakarta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ARRuzz Media.

Surono. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash pada Kompetensi Mengelas dengan Oksi Asitilen di SMK Muhammadiyah Prambanan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v8i2.2325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA :Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah(p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

phone (+6285200847481) (historiaummetro@gmail.com)

 

Creative Commons License
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA :Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

 

 

Historia Stats

Free counters!