TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal Tertua Dan Terbaik di Provinsi Lampung: Sebuah Tinjauan Awal

Bobi Hidayat(1), K Kuswono(2*), Ragil Agustono(3), Umi Hartati(4),

(1) Universitas Muhammadiyah Metro
(2) Universitas Muhammadiyah Metro
(3) Universitas Muhammadiyah Metro
(4) Universitas Muhammadiyah Metro
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penilitian ini adalah ingin mengetahui secara historis apa yang menjadi latarbelakang pendirian TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal tertua dan terbaik di Provinsi Lampung. Selain itu yang ingin dipaparkan dalam penulisan artikel hasil penelitian ini adalah bagaimana strategi yang digunakan oleh sekolah untuk mempertahankan keberadaan sekolah hingga saat ini dan menjadi TK ‘Aisyiyah unggulan di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis dengan menggunakan 4 langkah yaitu 1). Heuristik, 2). Kritik sumber, 3). Interpretasi, dan 4). Historiografi. Untuk merealisasikan langkah penelitian sejarah, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam, observasi lapangan langsung, dan pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal tertua di Provinsi Lampung yaitu TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Teluk Betung Selatan yang berdiri pada tahun 1955.  Sedangkan TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal terbaik di Provinsi Lampung yaitu TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pringsewu yang berdiri pada tahun 1961. Untuk mempertahankan eksistensi TK, TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal melibatkan masyarakat khususnya anggota ‘Aisyiyah dan masyarakat umum lainya dalam menajalankan kegiatan di TK baik dalam hal tenaga pengajar, sumbangan dana dan pengembangan program-program kerja lainya.


Keywords


Historis; Lampung; ‘Aisyiyah; Bustanul; Athfal

Full Text:

PDF

References


Bobi Hidayat. (2016). Aplikasi Penulisan Sejarah Pada Mata Kuliah Sejarah Sosial Historia: Jurnal Pembelajaran Sejarah dan Sejarah UM Metro. Vol 4 nomor 1 halaman 12

Daliman. (2012). Metode Penelitian Sejarah.Yogyakarta. Ombak

H.A.R. Tilaar. 2012. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Helius Sjamsuddin. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta. Ombak

H.E. Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta. Bumi Aksara

Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta. PT Tiara Wacana Yogya

Louis Gottschalk. 1986. Mengerti Sejarah. Jakarta. Universitas Indonesia

Marzuki Yass. 2004. Metodologi Sejarah dan Historiografi. Palembang. Proyek SP4 Universitas Sriwijaya

Nusa Putra dan Ninin Dwi Lestari. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta. PT Raja Grafindo

Sair Alian.2012. Metodologi Sejarah dan Historiografi. Palembang. Proyek SP4 Universitas Sriwijaya

Siti Dalillah Candrawati. 2015. Rubrik Opini Majalah Walida April-Mei 2015. Surabaya. PWA Jawa Timur

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta. Pedagogia

Mu’arif, Setyowati. 2014. Srikandi-srikandi Aisyiyah. Suara Muhammadiyah. Yogyakarta.

Sumber Wawancara

Hj. Mariam binti Nazar Hanif (Ketua Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Teluk Betung Selatan)

Rini Setiowati, S.Pd. (Kepala Sekolah TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Teluk Betung Selatan)

Ibu-ibu pengurus ‘Aisyiyah TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pring Sewu

Esti Asih, S.Pd. (Kepala Sekolah TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pring Sewu)




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v7i2.2228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

Phone (082278042958 Johan Setiawan) (historiaummetro@gmail.com)

 

Creative Commons License
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

 

 

Historia Stats

Free counters!