Penguasaan Konsep Siswa Kelas Xi Mipa Pada Materi Fluida Statis Dalam Model Problem Based Online Learning Menggunakan Gnomio

Nafilah Husnaul Azizah(1*), Lia Yuliati(2), Parno Parno(3),

(1) Malang State University
(2) Malang State University
(3) Malang State University
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan konsep siswa kelas XI MIPA 1 di MAN Pasuruan pada materi fluida statis dalam model problem based online learning menggunakan gnomio. Penelitian ini  menggunakan pendekatan mixed-methods dengan instrumen soal berupa pilihan ganda sebanyak 10 butir soal berdasarkan indikator pada tingkatan kognitif. Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa kelas XI MIPA 1 di MAN Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan untuk penguasaan konsep siswa kelas XI MIPA 1 dengan rata-rata pretest (29,71) sedangkan rata-rata postest (80,00), diuji menggunakan uji N-gain memperoleh hasil 0,72 kategori tinggi. Penelitian ini berguna sebagai referensi untuk peneliti yang lain dalam melakukan penelitian tentang penguasaan konsep siswa dalam model pembelajaran problem based online learning menggunakan gnomio.


Keywords


penguasaan konsep, siswa kelas XI MIPA, fluida statis, problem based online learning, gnomio.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v11i2.5163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter