Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Microteaching

Nurmasyitah Nurmasyitah

Abstract


 Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keterampilan dasar mengajar mahasiswa pendidikan fisika pada mata kuliah microteaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Subjek  penelitian  terdiri  dari  19  mahasiswa  angkatan  2018  Program  Studi  Pendidikan Fisika. Instrumen yang digunakan adalah lembar rubrik penilaian keterampilan mengajar. Teknik  analisis  data  menggunakan  reduksi  data,  penyajian  data,  dan penarikan kesimpulan.  Hasil  penelitian  yang diperoleh mahasiswa dalam latihan megajar I dan II antara lain: (1) Keterampilan membuka pelajaran dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 73,45 dan 78,39; (2) Keterampilan menjelaskan dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 74,81 dan 79,04; (3) Keterampilan bertanya dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 72,91 dan 76,16; (4) keterampilan mengadakan penguatan dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 75,19 dan 78,88; (5) Keterampilan mengadakan variasi dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 74,21 dan 80,12; (6) Keterampilan menutup pelajaran dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 74,79 dan 79,56 (7) Menyiapkan perangkat RPP dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 75,21 dan 79,84. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah microteaching, diharapkan mengetahui keterampilan dasar mengajar. Sehingga mahasiswa siap untuk melaksanakan praktek mengajar langsung ke sekolah.


Keywords


teaching skills, students, microteaching

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter