Studi Deskriptif Meta Analisis Pengaruh Bahan Ajar Fisika dan IPA Terhadap Pemahaman Konsep Siswa
Abstract
Penelitian ini menyelidiki tentang pengaruh bahan ajar dalam pembelajaran IPA dan fisika terhadap pemahaman konseptual ditentukan melalui Effect Size (ES). Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif. Data penelitian diperoleh dari 20 jurnal tentang pengaruh bahan ajar fisika dan IPA terhadap pemahaman konsep seswa. Kajian didasarkan pada dua kategori, yaitu tingkat pendidikan dan jenis bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, pengaruh bahan ajar dalam pembelajaran IPA dan fisika terhadap pemahaman konseptual berdasarkan tingkat pendidikan paling efektif di SMA dengan kategori tinggi. Kedua, berdasarkan jenis bahan ajar yang digunakan, pengaruh bahan ajar yang paling efektif adalah modul dengan kategori tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3496
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.