Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Hukum Archimedes dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Shella Rizki Yuliana, Patricia H.M Lubis, Sugiarti Sugiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi hukum Archimedes dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Valid dan Praktis. di SMA Pembina Palembang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 Motode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research & Davelopment). Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough, wawancara, dan angket. Teknik analisis pengambilan data yang digunakan adalah validasi, one to one, dan small group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada materi hukum archimedes dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di SMA Pembina Palembang Tahun Ajaran 2020/2021 adalah LKS yang dilakukan pada kategori valid dengan hasil total 4,38 termasuk dalam kategori valid. Pada tahap One to one diperoleh hasil total dengan skor 0,70 termasuk dalam kategori Praktis dan pada tahap Small group diperoleh hasil total dengan skor 0,69 termasuk dalam kategori Praktis.


Keywords


Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter