Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Discovery untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Sifat Elastisitas Bahan

Nur Apriani, Lukman Hakim, Sulistiawati Sulistiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis guided discovery yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Rowntree yang dimodifikasi dengan evaluasi formatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Pembina Palembang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata validitas untuk aspek materi sebesar 89%, aspek desain pembelajaran guided discovery sebesar 87%, dan aspek bahasa sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan LKPD ditinjau dari pengisian angket yang dilakukan oleh lima peserta didik pada tahap one to one dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 83% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap small group ditinjau dari pengisian angket yang dilakukan oleh delapan peserta didik dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,2%. Tahap field test memperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,5 dan dikategorikan sedang.

Keywords


LKPD, Guided Discovery, Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter