PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS REACT SEBAGAI IMPLEMENTASI K13 UNTUK MEMFASILITASI KEHETEROGENEN GAYA BELAJAR SISWA SMA/MA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Novi Ayu Kristiana Dewi, Bernadhita Herindri Samodera Utami

Abstract


The purpose of this research is to develop a learning tool. It is a physics module REACT based which can facilitate heterogeneity of student learning styles in class. The research method used is Research & Development (R&D) with four stages 4-D, namely define, design, develop, and disseminated. The results showed that the learning module developed was valid with good categories in the material component and very good in the media component. The application of the developed learning module was effective to improve student learning outcomes in the moderate category. The distribution of the module got a very good response from physics teachers.  Thus the learning device developed is feasible to use.


Keywords


perangakat pembelajaran fisika, REACT, gaya belajar.

Full Text:

PDF

References


Cahyono, B. A. D., Sutarto, S., & Mahardika, I. K. (2017). Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) disertai Media Video Kejadian Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Edukasi, 4(3), 20–24.

Crawford, M. L. (2001). Teaching Contextual: Research, Rationale and Tachniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Sciences. Texas: CCI Publishing.

Deporter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, ed. ke 1. In Terjemahan: Alwiyah Abdurrahman & Sari Meutia. Bandung: Kaifa.

Dewi, N. A. K., Aminah, N. S., & Sukarmin, S. (2015). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (React) Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Dan Kreativitas Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 4(2), 47–56.

Dewi, N. A. K., & Riswanto, R. (2019). Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1), 17–22.

Fakhruriza, O., & Kartika, I. (2015). Keefektifan model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada materi kalor. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 2(2), 54–57.

Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan modul berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan matematis pada perkuliahan kalkulus integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320–333.

Listyawati, M. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Noer, U. (2016). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa terhadap Model dan Strategi Pembelajaran Dosen. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56–63.

Peniati, E. (2012). Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar IPA berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Purnamasari, P., Annur, S., & Salam, A. (2016). Pengembangan bahan ajar melalui model pembelajaran react pada materi elastisitas. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 209–221.

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan modul pembelajaran IPA SMP pada materi tekanan berbasis keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Sahidu, H., Gunawan, G., Rokhmat, J., & Rahayu, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pada Kreativitas Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 1–6.

Sambada, D. (2012). Peranan kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37–47.

Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 1(1).

Siagian, S. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(01), 193–208.

Somantri, D. W. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Media Modul di Sekolah Dasar Negeri 8 Banjar Kota Banjar Patroman. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan.

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 122575.

Wati, W. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Terintegrasi Penanggulangan Bencana Tanah Longsor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(1), 109–119.

Wijayanti, S., & Sungkono, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran mengacu Model Creative Problem Solving berbasis Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 101–110.

Windura, S. (2015). Be An ABsolute Genius. Jakarta: Gramedia.

Yanti, F. A., Kuswanto, H., Habibi, H., & Kinasih, A. (2020). Development of Analogy-Based Material Physics Module to Provide Analogy Ability of Physics Teachers Candidates. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 16(1), 34–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter