PENGARUH APLIKASI SENSOR SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN SIMPLE HARMONIC MOTION BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmatika, D. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/ Discovery. Jurnal Euclid, Vol. 3 No.1, hlm 377-525.
Damayanti, D. S., Ngazizah, N. K., & Eko, S. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis Sma Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi. Online. Vol. 3 No.1, hlm 69-77.
Ertikanto, C. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi. 192 hlm.
Handika, J. 2012. Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Online. Vol. 1 No. 2, hlm 109-114.
Hariawan, Kamaluddin, & Wahyono, U. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Online. Vol. 1 No.2, hlm 48-55.
Maretasari, E., Subali, B., & Hartono. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Untuk Meningkatkan hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal. Online. Vol 1 No.2, hlm 27-31.
Noordyana, M. A. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Online. Vol. 5 No. 2, hlm 177-180.
Nurfadilah, Ishafit, Herawati, R., & Nurulia, E. 2019. Pengembangan Panduan Eksperimen Fisika Menggunakan Smarthphone dengan Aplikasi Phyphox Pada Materi Tumbukan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Online. Vol.10 No.2, hlm 101-107.
Pratama, U. N., & Haryanto. 2017. Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Domain Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Online. Vol. 4 No. 2, hlm 167-184.
Putra, P. D. A., & Sudarti. 2009. Real Life Video Evaluation Dengan Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan. Online. Vol. 45 No.1, hlm 76-89.
Purwasih, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa Mts di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung. Online. Vol. 9 No. 1, hlm 16-25.
Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. 2017. Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal STMIK AMIKOM. Online. Vol. 1 No.2, hlm 44-48.
Rizal, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains. Online. Vol.2, No.3, hlm 159-165.
Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 308 hlm.
Saprudin, Liliasari, Prihatmanto, A. S., & Setiawan, A. 2019. The Potential of Gamification in Developing Pre-Service Physics Teachers, Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. Online. Vol. 2 No.1, hlm 7–14.
Sesen, B. A., & Tarhan L. 2013. “Inquiry Based Laboratory Activities in Electrochemistry: High School Students’ Achievement and Attitudes”. Jurnal Research Science Education. Online. Vol. 1 No. 43, hlm 413–435.
Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science Edutainment. Journal Unnes. Online. Vol. 3 No. 2, hlm 140-145.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3031
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.