PENGARUH APLIKASI SENSOR SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN SIMPLE HARMONIC MOTION BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Yoana Kristiyani, Feriansyah Sesunan, Ismu Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi phyphox pada materi getaran harmonis berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 1 Pringsewu. Sampel yang digunakan pada penelitian kelas X MIPA 4, berjumlah 30 siswa. Desain pada penelitian adalah One Group Pretest-Postest. Pembelajaran dilakukan dengan praktikum menggunakan alat berbantuan phyphox berbasis inkuiri terbimbing. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh menggunakan tes tertulis dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mengalami kenaikan sebesar 44% dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,72 dalam kategori tinggi dan hasil uji paired simple T-test diperoleh nilai sig kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi phyphox.

Keywords


gerak harmonis sederhana, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, phyphox.

Full Text:

PDF

References


Ahmatika, D. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/ Discovery. Jurnal Euclid, Vol. 3 No.1, hlm 377-525.

Damayanti, D. S., Ngazizah, N. K., & Eko, S. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis Sma Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi. Online. Vol. 3 No.1, hlm 69-77.

Ertikanto, C. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi. 192 hlm.

Handika, J. 2012. Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Online. Vol. 1 No. 2, hlm 109-114.

Hariawan, Kamaluddin, & Wahyono, U. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Online. Vol. 1 No.2, hlm 48-55.

Maretasari, E., Subali, B., & Hartono. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Untuk Meningkatkan hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal. Online. Vol 1 No.2, hlm 27-31.

Noordyana, M. A. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Online. Vol. 5 No. 2, hlm 177-180.

Nurfadilah, Ishafit, Herawati, R., & Nurulia, E. 2019. Pengembangan Panduan Eksperimen Fisika Menggunakan Smarthphone dengan Aplikasi Phyphox Pada Materi Tumbukan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Online. Vol.10 No.2, hlm 101-107.

Pratama, U. N., & Haryanto. 2017. Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Domain Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Online. Vol. 4 No. 2, hlm 167-184.

Putra, P. D. A., & Sudarti. 2009. Real Life Video Evaluation Dengan Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan. Online. Vol. 45 No.1, hlm 76-89.

Purwasih, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa Mts di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung. Online. Vol. 9 No. 1, hlm 16-25.

Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. 2017. Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal STMIK AMIKOM. Online. Vol. 1 No.2, hlm 44-48.

Rizal, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains. Online. Vol.2, No.3, hlm 159-165.

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 308 hlm.

Saprudin, Liliasari, Prihatmanto, A. S., & Setiawan, A. 2019. The Potential of Gamification in Developing Pre-Service Physics Teachers, Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. Online. Vol. 2 No.1, hlm 7–14.

Sesen, B. A., & Tarhan L. 2013. “Inquiry Based Laboratory Activities in Electrochemistry: High School Students’ Achievement and Attitudes”. Jurnal Research Science Education. Online. Vol. 1 No. 43, hlm 413–435.

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science Edutainment. Journal Unnes. Online. Vol. 3 No. 2, hlm 140-145.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter