KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI ZAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MULTIMEDIA

Inai Ria Agustina(1*), Andinasari Andinasari(2), Linda Lia(3),

(1) Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Palembang
(2) Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Palembang
(3) Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains pada materi zat melalui model inkuiri terbimbing berbatuan multimedia. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII D SMP Negeri 1 Banyuasin II. Penelitian ini dilakukaan menggunakan quasi eksperimental dengan tipe non-quivalent control group design. Data diuji dengan analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan literasi sains dengan uji hipotesis menunjukkan t-hitung = 3,40 > t-tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa H0  diterima sehingga kemampuan literasi sains pada materi zat terdapat pengaruh positif melalui model pembelajaran  inkuiri terbimbing berbantuan multimedia di SMP Negeri 1 Banyuasin II.


Full Text:

PDF

References


Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi Sains dan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe SHARED. Unnes Science Educational Journal , 5 (1), 1167-1174.

Herimanto, H., Murdani, E., & Kurniawan, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Pada Materi Pengukuran. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 44-46.

Husain, S., Herayanti, L., Gunawan, G .(2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. 221-225

Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1).

Lia, L. (2015). Multimedia Interaktif Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Dalam Bidang Pendidikan Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 132-140.

Munir (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ngertini, Nyoman., W. Sadia., & M. Yudana. (2013). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Konsep Dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI Amplapura. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Odja, A. H., & Payu, C. S. (2014). Analisis Kemampuan Awal awal literasi sains siswa pada konsep IPA. Prosiding Semiar Nasional Kimia (Hlm. C40-C47). Surabaya: Jurusan Kimia Universitas Negeri Surabaya.

Puspitasari, A. D. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. OMEGA Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika , 1-5.

Retnosari, N., Susilo, H., & Suwono, H. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri di bojonegoro. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1529-1535.

Ristanto, R. H. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Multimedia Dan Lingkungan Rill Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Awal. Tesis, Program Pascasarjana Pendidikan Biologi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Wahyudin, Sutikno, & A. Isa. (2010). Keefektifian Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (1), 58-62.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter