PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES

Eris Eris(1*), Stepanus Sahala Sitompul(2), Erwina Oktavianty(3),

(1) Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
(2) Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
(3) Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Hukum Archimedes di SMA Negeri 8 Pontianak. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre exsperimental design dengan bentuk quasi exsperimental design dengan rancangan two group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini yaitu kelas X.A (30 orang) dan X.B (30 orang) di SMA Negeri 8 Pontianak, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes. Pada pretest kelas eksperimen mendapatkan skor sebesar 46,48 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mendapatkan skor sebesar 30,48 dengan kategori sedang. Kemudian, setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen nilai posttest mendapatkan skor sebesar 87,82 dengan kategori tinggi. Selanjutnya, pada kelas kontrol nilai posttest mendapatkan skor sebesar 50,32 dengan kategori sedang. Kemudian, pada hasil perhitungan N-gain score pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,88 dengan kategori tinggi dan pada hasil perhitungan N-gain score kelas kontrol yaitu sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kemudian, berdasarkan angket respon peserta didik memberikan respon yang sangat baik berdasarkan keempat aspek angket yaitu pada aspek respon proses pembelajaran sebesar 93.2, aspek manfaat pembelajaran PBL-STEM sebesar 89.6, aspek rasa ingin tahu sebesar 88.6 dan aspek keterampilan untuk menyampaikan materi sebesar 91.1. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran PBL-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi hukum Archimedes di SMA Negeri 8 Pontianak.

Keywords


PBL, STEM, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v12i2.11218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter