PENGEMBANGAN E-LEARNING MELALUI APLIKASI EDUCATE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK
(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(4) Universitas Riau
(5) Riau University
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengembangan e-learning melalui aplikasi educate pada materi gerak parabola ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media yang ditinjau dari segi validitas dan kepraktisan media. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu define, design, develop dan disseminate. Instrumen yang digunakan meliputi validasi ahli, praktikalitas guru dan praktikalitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji validitas dan uji praktikalitas. Hasil penelitian diperoleh validitas media e-learning melalui aplikasi educate pada materi gerak parabola yang dilihat dari nilai rerata para ahli 3,3, sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan valid. Kemudian, hasil praktikalitas media e-learning melalui aplikasi educate pada materi gerak parabola oleh guru 3,43 (sangat praktis) dan oleh siswa 3,76 (sangat praktis), sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan sangat praktis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media e-learning melalui aplikasi educate pada materi gerak parabola ini layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik SMA/MA karena telah memenuhi kriteria validitas dan kepraktisan.
Keywords
E-learning, Educate, PBL, Pemahaman Konsep, Gerak Parabola
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v12i2.10705
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.