PENERAPAN KOMIK STRIP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Meyta Pritandhari(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Metro
(*) Corresponding Author


Abstract


Proses pembelajaran harus didukung oleh interaksi antara mahasiswa dan dosen secara efekif. Mahasiswa yang tidak mempunyai minat pada saat pembelajaran harus dicarikan solusi untuk mengatasinya karena akan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Salah satu solusi untuk memperbaiki proses pembelajaran yang kurang menarik yaitu dengan penerapan media komik strip. Media pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan minat mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Ditinjau dari apek yang diteliti, penelitian ini merupakan study kasus (case study). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara,  dan dokumen. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi sumber, metode dan teori. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan pembelajaran menggunakan media komik strip yang dilakukan memberi dampak positif terhadap kegiatan pembelajaran. Respon mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran dikelas terlihat lebih antusias menggunakan media komik strip. Mereka lebih berminat untuk mengetahui bagaimana bentuk gambar dan cerita yang akan ditampilkan dalam media komik strip sehingga ketika mereka membaca media komik strip secara tidak langsung mereka mempelajari materi pembelajaran. Minat belajar mahasiswa cenderung meningkat jika dibandingkan dengan sebelum menggunakan media komik strip. Dengan demikian pemanfaatan media komik strip sebagai media pembelajaran manajemen keuangan dapat eningkatkan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arjuna. 2011. “Komik Sebagai Media Pembelajaran”. Artikel. Diakses dari http://arjunabelajar.blogspot.com/2011/03/komik-sebagai-mediapembelajaran.html

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohani, Ahmad. 2014. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Sadiman, A.S. 2011. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudaryono, Margono dan Rahayu. 2012. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, Nana & Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

Taufani. 2008. Minat, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Universitas Muhammadiyah Metro
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Kota Metro, Kode Pos 34111, Lampung, Indonesia



Lisensi Creative Commons
Jurnal PROMOSI : Pendidikan Ekonomi is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/ekonomi.

 

PROMOSI : Jurnal Pendidikan Ekonomi indexed by:

    

 

 

 

Flag Counter:

Flag Counter
 
 
 
 
 
View My Stats