REKONRTRUKSI PEMIKIRAN KIAI IBRAHIM TUNGGUL WULUNG SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN LOGIKA BERPIKIR POSTKOLONIAL UNTUK OPTIMALISASI JATI DIRI BANGSA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH HUMANIS

Reni Dikawati(1), Sariyatun Sariyatun(2), Warto Warto(3*),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author


Abstract


Pembelajaran sejarah humanis menjadi upaya meneguhkan sisi kemanusiaan dengan pengembangan pengalaman dan kemampuan alamiah baik fisik maupun nonfisik. Penelitian ini mengembangkan pengalaman belajar dengan rekontruksi pemikiran Kiai Ibrahim Tunggul Wulung pada mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Negeri Yogyakarta di mata kuliah sejarah kolonial. Logika berpikir postkolonial mahasiswa untuk optimalisasi jati diri bangsa menjadi corpus penelitian. Temuan penting dari penelitian adalah kontruksi logika postkolonial digunakan sebagai dasar epistemologi menarasikan wacana jati diri bangsa. Analisis menunjukkan intepretasi mahasiswa terhadap narasi jati diri bangsa mampu mengidentifikasi tingkat ketercapaian sikap mahasiswa dalam taksonomi Bloom hasil revisi Peggy Dettmer (2006) di ranah afektif. Dalam perspektif peneliti, logika berpikir postkolonial merupakan sikap yang berkontribusi membentuk mentalitas penghayatan keberagaman sebagai akumulasi karakter jati diri bangsa, memberi peluang borderline menjadi frontline (negosiasi), sehingga memperkuat kebhinekaan sebagai identitas.

References


Education in Negeria. European Journal of Education Research Vol.1, No.2, 155-161.

Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter: Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Press.

Affandi. (2015). Memperkokoh Jati Diri Bangsa. Bandung: Mutiara Press.

Anderson, L. W, D. R. Krathwohl. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesment Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Appadurai, A. (1996). Modernity at Larger: Cultural Dimension of gobalization. Minneapolis: University Of Minnesota Press.

Aritonang, J. S. (2006). Sejarah Perjumpaan Kristen dan Islam di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bada, S. O. (2015). Contructivism in Learning Theory: A Paradigm for Teaching and Learning. IOSR Journal Of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 5 (6), 66-70.

Barker. (2005). Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Bauman. (1993). Postmodern Ethics. Oxford: Blackwell.

Borrong, R. P. (2001). Teologi dan Ekologi Buku Pegangan. Jakarta: Gunung Mulia.

Bruce Joyce, Marsha Weil, Emely Calhoun. (2015). Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Charles, W. (2003). International Business-Competing in the Global Marketplace. New York: Mc Graw-Hill.

Collingwood. (1973). The Idea Of History. London: Oxford University Press.

Delavignette, R. (1964). Christiany and Colonialism. London: Burns and Oates.

Dettmer, P. (2006). New Bloom in Established Fields: Four Domain For Learning and Doing. ProQuest Education Journals, Vol. 28, No. 2, 70-78.

Dhont, F. (2005). Nasionalisme Baru Intelektual Indonesia Tahun 1920-1n. Yogyakarta: UGM Press.

Dijk, T. V. (1977). Text and Contex: Explorations in the Semantics and Pragmatic of Discourse. London: Routledge and Longman.

Dikawati, R. (2017). Tapih Jarik; identitas Nasional Perempuan Jawa di Tengah Kewargaan Budaya dan Ekstrimisme Global. In P. I. Dharma, Nasionalisme di Tengah Kewargaan udaya dan Ekstrimisme Global. Yogyakarta: Sanatha Dharma Press.

Edwars, R. U. (2003). Postmodernism and Education. New York: Routledge.

Effendi, T. (2008). Jati Diri Bangsa Indonesia Menuju Indonesia Jaya. Jakarta: Exatama Mediasindo.

Elmubarok. (2009). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Fishbein, M. A. (1975). Beliefs, Attitude, Intention, and Behavior: In Introduction to Theory and Research. Philippines: Addison-Wesley Publishing Company.

Fletcher, V. F. (1990). Lihatlah Sang Manusia ! Suatu Pendekatan pada Etika Kristen Dasar. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Gayer, F. (1972). bibbliography Alienation. Amsterdam: Siswo.

Gotschalk, L. (2008). Mengerti Sejarah. Jakarta: UI Press.

Hidayat, B. (2018). mengembangkan Pendidikan Karakter Calon Guru Sejarah Melalui Lesson Study. HISTORIA, Vol. 6, No. 1, 152.

Hosnan, M. (20013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Izzaty, d. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Jim Sheffield, A. K. (2013). Globalization: Yesterday, Today, and Tomorrow. Litchfieid Park: Emergent Publication.

Koentjaraningrat. (2002). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lerner. (1958). The Passing Of Traditional society. Uinited States Of Amerika: The Free Press.

Lopez, A. J. (2001). Posts and Past: A Theory of Postcolonialism. United States Of America: State University of New York Press.

Marcuse, H. (2000). Manusia Satu Dimensi. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Modi, N. (2008). Social Harmony. Delhi: R-Tech Offset Printer.

Mohammad Khatib, S. N. (2013). Humanistic Education: Concerns, Implications, and Applications. Journal Of Language Teaching and Research, Vol. 4, No. 1, 45-51.

Mooji, M. (1998). Global Marketing Management and Advertising: understanding cultural Paradox. California: SAGEPublication.

Neil, S. (1966). Colonialism and Christian Missions. London: Lutterworth Press.

Peter Berger, Thomas Luckman. (1990). The social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of knowledge. Jakarta: LP3S.

Porter, L. (2010). Planning Post (colonial): Challenge in Theory and Practise. Planning Theory and Practice, Vol 7, No.4, 383-396.

Putut Wisnu Kurniawan, R. R. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Alazhar 3 Bandar Lampung). Historia, Vol. 6, No.1, 46.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v7i1.1511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

phone (+6285200847481) (historiaummetro@gmail.com)

 

Creative Commons License
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

 

 

Historia Stats

Free counters!