PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGOPTIMALKAN STUDENT CENTERED LEARNING MATERI GERAK LURUS

Miftah Hidayat Arrazi(1*), Tsania Nur Diyana(2),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat membantu memaksimakan siswa dalam belajar mandiri (student centered learning) serta dapat membantu siswa untuk memahami konsep dengan baik, salah satu alternatifnya adalah dengan penggunaan multimedia interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasikan produk multimedia interaktif pada mata pelajaran Fisika topik Gerak Lurus untuk siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Multimedia yang telah kembangkan diuji oleh 2 validator ahli dengan hasil validasi dari keseluruhan indikator mendapatkan presentase rata-rata sebesar 86,68% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan media yang telah dilaksanakan maka diperoleh kesimpulan bahwa multimedia interaktif topik Gerak Lurus dinyatakan layak sebagai media pembelajaran yang dapat membantu mengoptimalkan student centered learning dan membantu siswa memahami konsep gerak lurus dengan lebih baik.

Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dapat membantu siswa dalam belajar mandiri (student centered learning) dan dapat membantu siswa untuk memahami konsep dengan baik, salah satu alternatifnya adalah penggunaan multimedia interaktif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif pada mata pelajaran Fisika Gerak Lurus untuk siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Multimedia yang telah dikembangkan diuji oleh 2 orang validator ahli dengan hasil validasi seluruh indikator mendapatkan persentase rata-rata sebesar 86,68% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan media yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada topik Gerak Lurus dinyatakan layak sebagai media pembelajaran yang dapat membantu mengoptimalkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan membantu siswa memahami konsep gerak lurus. lebih baik.


Keywords


Konsep Gerak Lurus; Multimedia Interaktif; student centered learning

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v12i1.9243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter