HUBUNGAN READINESS (KESIAPAN) BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 03 SUKARAJA
(1) STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keberhasilan siswa dalam pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya kesiapan dalam belajar. Kesiapan belajar terdiri atas perhatian, motivasi, dan perkembangan kesiapan. Untuk dapat menjamin hasil belajar yang baik, maka peserta didik harus mempunyai perhatian terhadap bahan yang dipelajarinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan kesiapan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Teknik pengumpulan data untuk mencari kesiapan belajar menggunakan angket, sedangkan pengumpulan data hasil belajar fisika siswa menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran pada mata pelajaran fisika. sesuai hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung 6,62, serta memperoleh nilai ttabel 0,81. Dengan besar sumbangan (kontribusi) dari tingkat kesiapan peserta didik dengan hasil belajar Fisika peserta didik adalah sebesar 65,61% dan sisanya 34,39% disebabkan oleh faktor lain.
HUBUNGAN READINESS (KESIAPAN) BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 03 SUKARAJA
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rinika Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati & Mujiono. 2009. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Najib, Sulhan. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya : Jape Press Media.
Sardiman. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafinda Persada.
Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptik untuk Penelitian. Jakarta: rajawali Pers.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyarto, Teguh dan Ismail Eny. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Tim Abdi Guru. 2013. IPA TERPADU Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.740
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





