HUBUNGAN READINESS (KESIAPAN) BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 03 SUKARAJA

Effendi Effendi(1*),

(1) STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan
(*) Corresponding Author


Abstract


Keberhasilan siswa dalam pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya kesiapan dalam belajar. Kesiapan belajar terdiri atas perhatian, motivasi, dan perkembangan kesiapan. Untuk dapat menjamin hasil belajar yang baik, maka peserta didik  harus mempunyai perhatian terhadap bahan yang dipelajarinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan  kesiapan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Teknik pengumpulan data untuk mencari kesiapan belajar menggunakan angket, sedangkan pengumpulan data hasil belajar fisika siswa menggunakan tes.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran pada mata pelajaran fisika. sesuai hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung  6,62, serta memperoleh nilai ttabel 0,81. Dengan besar sumbangan (kontribusi) dari tingkat kesiapan peserta didik dengan hasil belajar Fisika peserta didik adalah sebesar 65,61% dan sisanya 34,39% disebabkan oleh faktor lain.

HUBUNGAN  READINESS (KESIAPAN) BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 03 SUKARAJA 


Keywords


Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Fisika .

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rinika Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati & Mujiono. 2009. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Najib, Sulhan. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya : Jape Press Media.

Sardiman. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafinda Persada.

Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptik untuk Penelitian. Jakarta: rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyarto, Teguh dan Ismail Eny. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Tim Abdi Guru. 2013. IPA TERPADU Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter