Keefektifan Pengajaran Fisika Menggunakan Modul Elektronik Berbasis Multirepresentasi di SMA Negeri 15 Palembang

May Sari(1*), Sardianto Markos Siahaan(2),

(1) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP , Universitas Sriwijaya
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP , Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul elektronik berbasis multirepresentasi  materi suhu dan kalor yang digunakan pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 15 Palembang terhadap hasil belajar dan mencari hubungan gaya belajar dengan hasil belajar. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest design. Instrumen pada penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa dengan format pilihan ganda, dari data hasil tes tersebut dilakukan analisis n-gain. Hasil yang didapat yaitu dengan nilai rata-rata pretest siswa yaitu 47,61 nilai rata-rata posttest siswa yaitu 80,97. Hasil analisis n-gain yaitu 0,629 dengan kategori keefektifan sedang. Hasil data angket gaya belajar  menggunakan uji korelasi dan didapatkan hasil siswa memiliki gaya belajar visual 43 siswa, audiotorial 16 siswa dan kinestetik sebanyak 8 siswa dengan koefisien korelasi 0,412 dengan kategori korelasi cukup. Jadi pembelajaran fisika menggunakan modul elektronik berbasis multi representasi efektif terhadap hasil belajar fisika serta terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar fisika.


Keywords


Gaya Belajar, Hasil Belajar, Modul Elektronik, Multirepresentasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v10i2.5263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter