PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL LABORATORY MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5.5 PADA MATERI DIFRAKSI LASER

Fleony Dea Amanda(1*), Sri Purwaningsih(2), Rahma Dani(3),

(1) Jambi University
(2) Jambi University
(3) Jambi University
(*) Corresponding Author


Abstract


Pembelajaran fisika yang ideal adalah pembelajaran fisika yang berbasis praktikum. Praktikum secara langsung tidak dapat dilaksanakan secara maksimal di laboratorium pada masa Covid 19. Agar praktikum tetap dapat dilaksanakan maka dibutuhkan media pengganti praktikum yaitu laboaratorium virtual. Laboratorium virtual dirancang menggunakan adobe flash cs5.5. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan laboratorium menggunakan Adobe Flash CS5.5 pada materi difraksi LASER, untuk mengetahui kelayakan laboaratorium virtual sebagai media pengganti praktikum dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap laboratorium virtual yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Model 4D terdiri atas 4 tahap yaitu define, design, develop dan dessiminate. Hasil peneltian ini menunjukkan laboaratorium virtual berada dalam kategori sangat layak dengan presentase kelayakan untuk media, materi dan kebahasaan masing – masing sebesar 91,67%, 100% dan 100% dan respon mahasiswa terhadap laboratorium virtual berada dalam kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika modern dengan presentase pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan utama masing – masing sebesar 89,79%  dan 84,82%.


Keywords


Media, Laboratorium , LASER.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v10i1.4940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter