Efektivitas Penggunaan Aplikasi EduMu pada Pembelajaran Fisika Tehadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar

Rahmawati Rahmawati(1*), Kurnia Kurnia(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian survei bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi EduMu pada pembelajaran fisika terhadap motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dengan jumlah 13 orang yang juga merupakan sampel dalam penelitian ini dengan teknik pengambilan sampel secara sampling Jenuh. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar respon siswa terhadap penggunaan aplikasi EduMu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi motivasi dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif pada data motivasi dan respon siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi  belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebesar 92,5 dengan kategori sangat tinggi sebesar 85%. Sedangkan respon peserta didik terkait penggunaan aplikasi EduMu memiliki persentase tertinggi pada respon Sangat Setuju (40%). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Edumu efektif dalam memotivasi siswa dalam belajar Fisika.

Keywords


motivasi belajar Fisika, respon siswa, aplikasi EduMu

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v10i1.4915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter