IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA BANJIR SAAT PANDEMI COVID-19

Mufida Miftahul Jannah(1*), Herawati Herawati(2), Jumadi Jumadi(3),

(1) Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi dan kesiapsiagaan bencana alam peserta didik melalui implementasi perangkat pembelajaran fisika terintegrasi mitigasi bencana banjir saat pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banguntapan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest dan posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes uraian untuk mengetahui pemahaman materi peserta didik dan angket untuk mengetahui kesiapsiagaan bencana alam peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi perangkat pembelajaran fisika terintegrasi mitigasi bencana banjir dapat meningkatkan pemahaman materi dan kesiapsiagaan bencana alam peserta didik. Perangkat pembelajaran fisika terintegrasi mitigasi bencana banjir dapat meningkatkan pemahaman materi peserta didik pada kelas pemodelan dengan standar gain 0,55 (sedang), pada kelas implementasi dengan standar gain 0,53 (sedang). Kesiapsiagaan bencana alam peserta didik pada kelas pemodelan meningkat dengan standar gain 0,41 (sedang), pada kelas implementasi dengan standar gain 0,38 (sedang).

Kata Kunci: perangkat pembelajaran fisika, mitigasi bencana banjir, pandemi Covid-19, pemahaman materi, kesiapsiagaan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v10i1.4701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter