Bagaimana Perbandingan Penguasaan Konsep Siswa SMP dan SMA Pada Materi Listrik Arus Searah ?

Nafilah Husnaul Azizah(1*), Sentot Kusairi(2),

(1) Malang State University
(2) Malang State University
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan penguasaan konsep siswa di dua Sekolah Menengah Pertama dan satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Malang pada materi listrik arus searah. Penelitian ini  menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen soal berupa pilihan ganda sebanyak 10 butir soal yang diadaptasi dari Determining and Interpreting Resistive Electric Circuit Concepts Test (DIRECT). Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa SMP dan 33 siswa SMA di Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan konsep siswa SMP dan siswa SMA dengan kategori penguasaan konsep tergolong baik untuk siswa SMP (72,72). Siswa SMA masih tergolong dalam kategori cukup (57,27). Dari hasil penelitian yang ditemukan ada beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa pada konsep listrik arus searah yaitu kesulitan dalam mengilustrasikan konsep medan listrik pada rangkaian listrik dan kesalahan konsep mengenai arus. Penelitian ini berguna sebagai referensi untuk peneliti yang lain dalam melakukan penelitian tentang penguasaan konsep siswa sekolah menengah.

Keywords


penguasaan konsep, siswa SMP, siswa SMA, listrik arus searah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v10i2.4500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter