PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK

Okta Alpindo(1*), Metta Liana(2), Rita Fitriani(3),

(1) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(2) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(3) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(*) Corresponding Author


Abstract


Critical thinking skill peserta didik yang ada di lapangan masih rendah jika dibandingkan dengan kondisi ideal. Rendahnya critical thinking skill peserta didik disebabkan oleh bahan ajar yang digunakan sekolah belum memiliki langkah-langkah model pembelajaran yang mengarah kepada aktivitas berpikir. Oleh sebab itu, diperlukan pengembangan bahan ajar fisika interaktif dalam model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar fisika interaktif dalam model discovery learning untuk meningkatkan critical thinking skill peserta didik pada materi operasi vektor dan gerak lurus dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Reeves yang terdiri dari tahap analisis masalah, rancangan dan pengembangan, percobaan dan perbaikan, dan Implementasi. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar fisika interaktif sudah valid, praktis dan efektif


Keywords


bahan ajar fisika interaktif, critical thinking skill, discovery learning.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v10i1.4297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter