IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DUA DIMENSI DI SMA KECAMATAN LOURA DAN KOTA TAMBOLAKA

Melkianus Suluh(1*), Yuliana Sesi Bitu(2),

(1) STKIP Weetebula
(2) STKIP Weetebula
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan dan pencapaian kemampuan berpikir dua dimensi pada mata pelajaran fisika di SMA Kecamatan Kota Tambolaka dan Kecamatan Loura Sumba barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian survei evaluasi dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui implementasi kemampuan berpikir dua dimensi belum terlaksana secara maksimal. Pembelajaran lebih diarahkan pada pencapaian kompetensi dimensi pengetahuan. Dimensi kompetensi keterampilan belum maksimal dilaksanakan disebabkan keterbatasan sarana dan prasarana, alokasi waktu pembelajaran, kesibukan guru melaksanakan tugas-tugas tambahan, serta situasi pandemic covid-19. Instrumen evaluasi pengukuran hasil belajar didominasi oleh instrumen penilaian pengetahuan terutama pencapaian level C1 hingga C3. Instrumen penilaian level kognitif C4 hingga C5 belum dikembangkan secara maksimal.


Keywords


Berpikir Dua Dimensi, Pembelajaran Fisika

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v10i1.4188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter