Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom

Syamsuriana Basri(1*), Reski Idamayanti(2), Yusdarina Yusdarina(3),

(1) Universitas Muslim Maros
(2) Universitas Muslim Maros
(3) Universitas Muslim Maros
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran respon mahasiswa  terhadap pembelajaran daring menggunakan google classroom. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika semester VI angkatan 2018 Program Studi Pendidikan Fisika pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal sebanyak 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 12 kali pertemuan dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui google form. Kuesioner Respon Mahasiswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan diagram diambil langsung pada google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merespon positif pembelajaran daring menggunakan media google classroom yang digunakan pada mata kuliah pengembangan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal dengan persentase 74% pada aspek efektif dan efisensi pembelajaran daring dan 24% pada aspek aspek tanggung jawab dalam pembelajaran daring.

Keywords


Pembelajaran daring; google classroom; pengembangan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter