IDENTIFIKASI LITOLOGI BATUAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK DENGAN KONFIGURASI WENNER PADA AREA PEMBANGUNAN KAMPUS 2 UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Rena Denya Agustina(1*), Haekal Pazha(2), Reva Wiratama(3), muhammad minan chusni(4),

(1) UIN SGD bandung
(2) 
(3) 
(4) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi struktur litologi batuan di lokasi penelitian. Metode yang digunakan untuk menentukan jenis batuan tertentu adalah dengan menggunakan metode electrical resistivitymeter dengan konfigurasi werner, mekanisme dari metode ini adalah dengan menginjeksikan arus ke bumi sehingga akan didapat beda potensial yang dihasilkan dari respon batuan terhadap arus. melalui mana ia akan dibaca kemudian diidentifikasi oleh nilai resistivitasnya. Variasi jenis batuan akan terlihat sesuai dengan nilai tahanan jenisnya. Penelitian ini berlokasi di areal pembangunan kampus 2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan menurut lembar peta geologi regional Bandung dan sekitarnya berada pada formasi batuan QI (sedimen danau). Lintasan pengukuran geolistrik memiliki tiga jalur yaitu L.1, L.2, dan L.3 dan menggunakan 32 elektroda untuk setiap lintasan dengan jarak awal 6 meter, sehingga panjang lintasan adalah 192 meter untuk setiap lintasan. Nilai kesalahan inversi untuk L.1, L.2 dan L.3 masing-masing adalah 9,3%, 7,2% dan 6,1%. Dari pengukuran geolistrik yang telah dilakukan, ditemukan litologi lokasi penelitian untuk tiga lintasan (L.1, L.2, dan L.3) yang tersusun dari lempung tufaan dengan jenis resistivitas di bawah 100 m, tufan batupasir dengan nilai resistivitas antara 100 sampai 600 m, dan batugamping dengan nilai resistivitas di atas 600 m.


Keywords


Litologi batuan, Geolistrik, tahanan jenis, dan Wenner.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter