PENGEMBANGAN LKPD MATERI GERAK LURUS BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Nova Anjarwati(1*), Patrcia H.M Lubis(2), Sugiarti Sugiarti(3),

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis discovery learning berbantuan software tracker yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Rowntree dimodifikasi dengan evaluasi formatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Sriguna Palembang. Berdasarkan analisis data ini dinyatakan valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep peserta didik. Adapun hasil yang diperoleh 1) Tahap expert review memperoleh dengan nilai rata-rata dari ketiga validator sebesar 82% dikategorikan sangat valid; 2) Tahap one to one memperoleh dengan nilai rata-rata sebesar 91% dikategorikan sangat praktis; 3) Tahap small group memperoleh dengan nilai rata-rata sebesar 88% dikategorikan sangat praktis; 4) Tahap field test memperoleh dengan nilai rata-rata  pre test sebesar  35,29 sedangkan post test sebesar 78,52 dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,72 dengan dikategorikan tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning berbantuan software tracker yang dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep peserta didik. Oleh karena itu, LKPD berbasis discovery learning berbantuan software tracker ini layak digunakan dalam proses belajar mengajar.


Keywords


LKPD, Discovery Learning, Software Tracker, Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter