Analisis Perkuliahan Daring Program Studi Pendidika Fisika di Masa Pandemi Covid-19

Dona Mustika(1*),

(1) Universitas Samudra
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survey online menggunakan aplikasi SurveyHeart Forms-App. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan kuliah daring Program Studi Pendidikan Fisika (PSPF) di masa pandemic Covid-19. Survey dilakukan terhadap 14 mata kuliah keahlian PSPFyang tersebar di semester 1 3 dan 5. Responden adalah mahasiswa aktif di semester 1, 3 dan 5. Analisis data dilakukan secara deskripti. Dari hasil penelitian diperoleh pelaksanaan kuliah daring semester ganjil 2020/2021 berjalan dengan baik dan lancar, dengan rincian kompetensi penguasan materi 82% (sangat baik), pelayanan akademik perkuliahan 77,46% (baik) dan kepuasan mahasiswa 79,33% (baik). Perlu dilakukan monitoring keterlaksanaan perkuliahan daring untuk memastikan terpenuhinya jumlah pertemuan kuliah sebanyak 16 kali. Tools yang paling banyak digunakan untuk pelaksanaan kuliah daring di PSPF adalah WhatsApp, Google Classroom, dan Zoom Cloud Meeting. Penugasan yang diberikan sudah memenuhi kriteria pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dan sesuai dengan karakteristik pemebelajaran perguruan tinggi.

Keywords


Kuliah Online, Tools Kuliah Daring, Kompetensi Dosen, Kepuasan Mahasiswa, Tugas Perkuliahan

Full Text:

PDF

References


Choo, L. P., Kaur, G., Fook, C. Y., & Yong, T. C. (2014). Patterns of Interaction among ESL Students During Online Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123,307-314.

Cristiano, K.L & Triana, D.A. (2019). Google Classroom as a Tool-Mediated For Learning. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1161, First International Conference on Virtual Education: Challenges and Opportunities 8–12 October 2018, Bucaramanga, Colombia

Delita, F. (2017). Desain Penugasan Bagi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geografi Pariwisata Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian Untuk Kesejahteraan masyarakat, Lembaga Peelitian Universitas Negeri Medan, 28 September 2017.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi.

Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemaha-siswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2019). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0.

Fauzai, A.R. (2019). The Development of Whatsapp Group Discussion to Solve the Limitation of Lecture-Students Interaction at Class. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1193, 2018 International Conference of Computer and Informatics Engineering 12–13 September 2018, Bogor, Indonesia

Febryani, A. (2019). Pembuatan Konten Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah Kelembagaan/Kearifan Lokal Budaya Sumatera Utara Pada Program Studi Pendidikan Antropologi. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol 3 Tahun 2019, hal 726-730.

Groves, R.M., Fowler, F.J., Couper, M.P., Singer E., dan Tourangeau R. (2010). Survey Methodology Second Edition. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19.

Khlaif, Z., Nadiruzzaman, H., dan Kwon K. (2017). Types of Onteraction in Online Discussion Forums : A Case Study. Journal of Educational Isuues Vol. 3, No. 1. ISSN 2377-2263.

Kominfo. (2015). Free Open Sorce Learning Management System. https://bpptik.kominfo.go.id/2015/03/10/857/12-free-open-source-learning-management-system-lms-terbaik/

Kurnianto, P., Dwijananti, P, dan Khumaedi. (2010) Pengembangan Kemampuan Menyimpulkan dan Mengkomunikasikan Konsep Fisika Melalui Kegiatan Praktikum Fisika SederhanaI. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 6-9.

Leuwol, N.V., Wula, P., Purba B., Marzuki, I., Brata, D.P.N., Masrul, M.Y.E., Ahdiyat, M., Sari, I.N., Gusty, S., Nugraha, N.A., Bungin, E.R., & Anwar, A.F. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi : Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Medan : Yayasan Kita Menulis. ISBN : 978-623-6761-29-8

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Bina Sarana Informatika Jakarta. Jurnal Aksara Public, Editech Consultant Bandung, Volume 4 Nomor 2 Edisi Mei 2020 (155-165)

Pasaribu, P., Malau, W., Simarmata, T., dan Simanjuntak, D.H.P. (2017). Strategi Penerapan Enam Penugasan Pada Mata Kuliah Antropologi Perkotaan di Prodi Pendidikan Antropologi. Buddayah : Jurnal Pendidikan Antropologi, Volume 1 Nomor 2, 2017, 162-167.

Pratama, R. A. (2019). Kuliah Melalui Whatsapp (KULWAPP). De-Farmat : Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan, Vol 2 No 1.

Rahmad, R., Wirda, M.A., Berutu, N., Lumbantoruan, W., & Sintong, M. (2019). Google Classroom Implementation in Indonesia Higher Education. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1175, 1st International Conference on Advance and Scientific Innovation 23–24 April 2018, Medan, Indonesia

Rizal., F, Jalinus., N, Syahril., Sukardi., Zaus. M.A., Wulansari. R.E, & Nabawi, R.A. (2019). Comparison of ICT Using in Learning Between Indonesia and Malaysia. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1387, International Conference on Education, Science and Technology 2019 13–16 March 2019, Padang, Indonesia.

Sadikin, Ali., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Volum6 Nomor 2 Tahu 2020, Hal 214-224.

Saputra, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Kegiatan Pembelajaran Melalui Media Whatsapp Group. Jurnal Profesional FIS UNIVED Vol 7 No.1 Juni 2020.

Saragih, A.T., Hasnawi, F dan Lubi S. (2017). Penggunaan Learning Log dan Learning Blog Berbasis 6 Penugasan KKNI Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraph Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. BAHAS : Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan, Vol 28, No 4.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020.

Tyas, R.W., Maharta, N., & Wayan, S. (2020). The Effect of Sense of Community and Self-Efficacy on Students’ Higher-Order Thinking Skills in Whatsapp-assisted Physics Larning. Jurnal Pembelajaran Fisika UNILA, Vol 8(1), 2020, 29-39.

Viridi, S., Suhandono, S., dan Halid, J. (2013) Merancang Media Pembelajaran dan Alat Praktikum Fisika dengan Alat dan Bahan Rumah tangga Sehari-Hari. Capacity Building for Teacher : Creative Science Teachers, Dili, Timor Leste, 11-13 Agustus 2013.

Wang, Hong. (2019) Survey of Technologies for Online Personalized Education. Proceeding of the International Conference on e-Learning, e-Business, Enterprise Information Systems, and e-Government (EEE), Athens, 2019.

Widayanti dan Yuberti. (2018) Pengembangan Alat Praktikum Sederhana Sebagai Media Praktikum MahasiswaI. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), Vol 2 No1. Hal 21-27.

Zainudin, Z & Pambudi, B. (2019).Developing Critical Thinking Skills-Based Learning Set of Basic Physics Subject Using Edmodo in Android Platform. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia UNNES, Vol 15, No 1.

Zainudin, Z ., & Pambudi, B. (2019). Efektifitas Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Dasar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Aplikasi Edmodo Berplatform Android. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran MIPAIKIP Mataram VOl 7 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter