PENGATURAN DIRI PESERTA DIDIK SMA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Syifa Khusnul Fatimah, Ridwan Efendi, Winny Liliawati

Abstract


Pengaturan diri adalah sikap yang dilakukan oleh peserta didik dalam merencanakan strategi pembelajaran untuk memperoleh prestasi akademik yang baik. Pengaturan diri peserta didik dapat diketahui salah satunya melalui tugas pengaturan diri dimana setiap peserta didik menentukan tugas-tugas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Untuk menyelidiki pengaturan diri peserta didik dilakukan penelitian dengan metode mixed method pada 31 peserta didik kelas X MIPA di salah satu SMA di Kota Bandung. Penelitian dilakukan dengan, 1) Memberikan pembelajaran mengenai usaha dan energi; 2) Memberikan tes kemampuan kognitif kepada peserta didik setelah pembelajaran usaha dan energi (pretest); 3) Peserta didik melakukan penilaian diri untuk mendeteksi kesalahan pada hasil tes dengan bantuan rubrik penilaian; 4) Peserta didik mengerjakan tugas pengaturan diri; 5) Melakukan tes kemampuan kognitif (posttest). Pengaturan diri peserta didik didapatkan dari hasil pemilihan tugas pengaturan diri. Hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa pemilihan tugas pengaturan diri belum didasarkan pada hasil penilaian diri. Hasil data kualitatif hanya 32,26% peserta didik yang menggunakan hasil penilaian diri sebagai dasar pemilihan tugas pengaturan diri, dan sebanyak 61,29% peserta didik memilih tugas pengaturan diri karena merasa harus memperbaiki proses penyelesaian soal. Hal tersebut dikarenakan peserta didik masih belum cukup baik ketika melakukan penilaian diri dan belum memahami sepenuhnya rubrik penilaian yang diberikan.

Keywords


Self Regulation, Self Regulation Task, Self assessment

Full Text:

PDF

References


Kostons, D., Van Gog, T. & Paas, F. (2012). Training Self-Assessment and Task-Selection Skills: A Cognitive Approach to Improving Self-Regulated Learning. Learning and instruction, 22(2), 121-132. doi: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2011.08.004

Lin-Siegler, X., Shaenfield, D. & Elder, A. D. (2015). Contrasting Case Instruction Can Improve Self-Assessment of Writing. Educational Technology Research and Development, 63(4), 517-537. doi: https://doi.org/10.1007/s11423-015-9390-9

Nugteren, M. L., dkk. (2018). Self-regulation of secondary school students: self-assessments are inaccurate and insufficiently used for learning-task selection. Instructional Science, 46(3), 357-381. doi: https://doi.org/10.1007/s11251-018-9448-2

Panadero, E., Tapia, J. A. & Huertas, J. A. (2012). Rubrics and Self-Assessment Scripts Effects on Self-Regulation, Learning and Self-Efficacy in Secondary Education. Learning and individual differences, 22(6), 806-813. doi: https://doi.org/10.1016/j.lindif.2012.04.007

Panadero, E., Jonsson, A. & Botella, J. (2017). Effects of Self-assessment on Self-Regulated Learning and Self-Efficacy: Four Meta-Analyses. Educational Research Review, 22, 74-98. doi: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.08.004

Sari, D. P. (2014). Mengembangkan Kemampuan Self Regulation: Ranah Kognitif, Motivasi dan Metakognisi. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2). doi: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v3i2.135

Supriyanto, S. (2017). Hubungan Antara Self Regulated Learning dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Semester Pertama Prodi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 2(1), 49-61. doi: https://doi.org/10.36262/widyakala.v2i1.10

Tapia, J. A. & Panadero, E. (2010). Effects of Self-Assessment Scripts on Self-Regulation and Learning. Infancia y Aprendizaje, 33(3), 385-397. doi: https://doi.org/10.1174/021037010792215145

Zamora, Á., Suárez, J. M. & Ardura, D. (2016). Error Detection and Self-Assessment as Mechanisms to Promote Self-Regulation of Learning Among Secondary Education Students. The Journal of Educational Research, 111(2), 175-185. doi:https://doi.org/10.1080/00220671.2016.122565

Zimmerman, B. (2001). Theories of self regulated learning and academic achievement: An overview and analysis. In B. Zimmerman, & D. Schunk (Eds.), Self-regulated learning and academic achievement: Theoretical perspectives (pp. 1–37). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.

Zhou, M. (2013). Using traces to investigate self-regulatory activities: A study of self-regulation and achievement goal profiles in the context of web search for academic tasks. Journal of Cognitive Education and Psychology, 12(3), 287-305. doi: https://doi.org/10.18891/1945-8959.12.3.287




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter