PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KECAKAPAN BERPIKIR RASIONAL PESERTA DIDIK

Sri Latifah(1*), Syarifuddin Basyar(2), Bangun Sasmiyati(3),

(1) Prodi pendidikan fisika, Universitas Islam Raden Intan Lampung
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Raden Intan
(3) Prodi pendidikan fisika, Universitas Islam Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Pendidik masih menggunakan  model konvensional yang didominasi dengan metode ceramah sehingga peserta didik mengalami kebosanan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap pemahaman konsep dan kecakapan berpikir rasional peserta didik SMA pada materi alat-alat optik. Populasi pada penelitian ini adaalah seluruh kelas XI SMA N 1 Sendang Agung, Lampung, Tengah, dan sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desaign. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ujji multivariate (MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil pemahaamaan konsep dan berpikir rasional pada kelas eksperimen dan kontroldengan rata-rata n-gain lebih besar kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, dan hasil uji multivariate diperoleh tingkat signifikan 0,00 < α dengan α = 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap pemahaman konsep dan kecakapan berpikir rasional siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sendang Agung Lampung Tengah.


Keywords


Treffinger, Pemahaman Konsep, Berpikir Rasional

Full Text:

PDF

References


Alatas, F. (2014). Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Edusains, 6(1), 88–96.

Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Edutcehnologia, 3(2), 136–144.

Ardana, I. M., Sariyasa, & Jelatu, S. (2018). Effect Of Geogebra-Aided React Strategy On Understanding Of Geometry Concepts. International Journal Of Instruction, 11(4), 325–336. https://doi.org/10.12973/Iji.2018.11421a

Aris, S. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitri, F. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Dan Treffinger Dalam Pembelajaran Fisika. Jrkpf Uad, 3(2), 63–66.

Fitri, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untukmeningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–70.

Gina Nugraha, M., Hajar Kirana, K., & Saepuzaman, D. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika.

Hendrayana, S. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat Pada Konsep Sumber Daya Alam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 73–98.

Irwandani, & Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik Mts Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 04(2), 165–177. https://doi.org/10.24042/Jpifalbiruni.V4i2.90

Khairunnisa, & Wisudawati, A. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kreativitas Berpikir Kimia Pada Peserta Didik Kelas XI Di SMA 1 Sewon. Jurnal Tadris Kimia, 3(1), 52–61.

Latifah, S. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 04(2), 155–164. https://doi.org/10.24042/Jpifalbiruni.V4i2.89

Mushaf, J. (2017). Manajemen Pendidikan, Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Rahmaniati, R., & Supramono. (2015). Pembelajaran I–Sets (Islamic, Science, Environment, Technology And Society) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Anterior Jurnal, 14(2), 194–200.

Samosir, B. S., & Fuady, A. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Kkonsep Dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Peteka (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 1(2), 54–61.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sari, W. P., Suyanto, E., & Suana, W. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Vektor Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(2), 159–168. https://doi.org/10.24042/Jipfalbiruni.V6i2.1743 .

Sari, Y. I., & Putra, D. F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(2), 30–38.

Sulisworo, D., & Sutadi, N. (2017). Science Learning Cycle Method To Enhance The Conceptual Understanding And The Learning Independence On Physics Learning. International Journal of Evaluation And Research in Education, 6(1), 64–70.

Sutiarso, S., Coesamin, M., & Nurhanurawati. (2018). The Effect Of Various Media Scaffolding On Increasing Understanding Of Students ’ Geometry Concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 95–102.

Triwibowo, Z., & Sugiman, N. K. D. (2017). Analysis Of Mathematical Creative Thinking Ability Viewed From Students Learning Styles In Seventh Grader Through Treffinger Learning Model With Open-Ended Approach Info Artikel Abstrak. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 391–399. https://Doi.Org/10.15294/Ujme.V6i3.17987

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Aksioma, 6(1), 48–55.

Warimun, E. S., & Murwaningsih, A. (2015). Model Pembelajaran Induktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Generik Fisika Siswa Sma. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1, 105–110.

Yunita, A. (2014). Pengaruh Metode Stratagem Melalui Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 20 Padang. Jurnal Ta’dib, 17(1).

Zulva, R. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Sma Dengan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Constructive Feedback. Jurnal Ilmiah Pendidikaan Fisika Al-Biruni, 5(1), 61–69.

https://Doi.Org/10.24042/Jpifalbiruni.V5i1.106 .




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i2.2248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter