Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Skill Multirepresentasi terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa

Riky Ardiyansyah(1*), Feriansyah Sesunan(2), Wayan Suana(3),

(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan skill multirepresentasi terhadap penguasaan konsep fisika siswa, serta interaksi penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan skill multirepresentasi terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, di SMAN 13 Bandarlampung pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 menggunakan desain control group pretest-posttest. Model pembelajaran inkuiri terbimbing diterapkan pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol diterapkan model direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran dan skill multirepresentasi terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Rata-rata n-gain penguasaan konsep pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu 0,522 dan 0,254. Rata-rata nilai skill multirepresentasi siswa pada kelas eksperimen yaitu 59,03 lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol yaitu  44,38. Model pembelajaran inkuiri terbimbing berinteraksi dengan skill multirepresentasi terhadap penguasaan konsep pada kategori tingkat skill multirepresentasi sedang-tinggi.

Kata kunci:    inkuiri terbimbing, skill multirepresentasi, penguasaan konsep fisika

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Liliasari, Rusli, A., & Bruce, W. (2011). Impelementasi Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1): 30-45.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta .

Fidianingsih, R., Maharta, N., & Sesunan, F. (2013). Pengaruh Representasi Analogi terhadap Kemampuan Berpikir Rasional dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1 (6), 45-57.

Firmando, Parindra, Fakhruddin, dan Syahril. (2016). Efektivitas Penerapan Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Multirepresentasi terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Cahaya Kelas VIII di SMPN 12 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Fisika. 3 (2), 1-12.

Kurniasih, I. & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena,

Manulung, F., Nyeneng, I D. P., & Maharta, N. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1 (2), 55-66.

Neka, I K., Marhaeni, & Suastra, I W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. E-journal Program Pascasarjana Undiksha. 5 (1), 1-11.

Ngertini, N., Saida, W., & Yudana, M. (2013). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. E-journal Program Pascasarjana Undiksha. 4 (1), 1-11.

Pahini, N., Abdurrahman, & Suana, W. (2014). Pengaruh Skill Multirepresentasi Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika pada Model Pembelajaran Exclusive. Jurnal Pembelajaran Fisika. 2 (5), 123-134.

Saroji, A., Ertikanto, C., & Wahyudi, I. 2017 Pengaruh Skill Representasi Grafis terhadap Penguasaan Konsep Fisika melalui Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 5 (3), 102-113.

Suhandi, A. & Wibowo, F. C. 2012. Pendekatan multirepresentasi dalam pembelajaran usaha-energi dan dampak terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 8 (1), 1-7.

Tangkas, I M. (2012). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura. E-journal Program Pascasarjana Undiksha. 2 (2), 20-36.

Utami, G., Suyanto, E. & Abdurrahman. 2013. The Influence of Free-Body Diagram Representation Skill towards The Concept Comprehension. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1 (1), 81-91.

Yusup, M. 2009. Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unsri. 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i2.1643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter