Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi pada Materi Hukum Newton Gravitasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

tiara shavira(1*), Chandra Ertikanto(2), Agus Suyatna(3),

(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul kontekstual berbasis multirepresentasi terhadap kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung. Penelitian ini dilakukan menggunakan quasi eksperimental dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisi N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test, dan  Analysis Of Covariance. Hasil dari uji paired sample t test nilai thitung > ttabel (42,225 > 1,695) dan nilai sig (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan rata-rata nilai posttest  Hasil dari uji nilai Analysis Of Covariance nilai Fhitung > Ftabel (13,075 > 4,00) dan sig (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan nilai N-gain, rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas eskperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan kategori sedang sebesar 0,60. Penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi Hukum Newton tentang gravitasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, modul kontekstual, multirepresentasi.


Keywords


kemampuan berpikir kritis; modul kontekstual; multirepresentasi.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Liliasari, Rusli, A., & Bruce, W. (2011). Impelementasi Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1): 30-45.

Asfiah, N., Mosik, M., & Purwantoyo, E. (2013). Pengembangan Modul IPA Terpadu Kontekstual Pada Tema Bunyi. Unnes Science Education Journal, 2(1).

Depdiknas. (2009). Modul/Materi DiklatKTSP. Jakarta.

Fatmala, N. E., Nyeneng, I.D.P., & Suana, W. (2017). Pengembangan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi hukum Newton tentang gravitasi. Jurnal Pendidikan Sains. 1(1) : 22 – 30.

Finnajah, M. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Multirepresentasi guna Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar. Jurnal Radiasi , 8 (1):22-27.

Irwandani, I. (2014). Multi Representasi sebagai Alternatif Pembelajaran dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 3(1), 39-48.

Khotimah, K., Nyeneng, I.D.P., & Sesunan, F. (2017). Pengaruh kemampuan berpikir kritis dan respon bahan ajar multirepresentasi terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan, 5(3) : 1-12.

Lestari, L., Achmad, A., & Surbakti, A. (2016). Penerapan Pendekatan Multirepresentasi terhadap Kemam-puan Kognitif Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pendidikan Biologi,4(4): 1-12.

Permendikbud nomor 64. (2013). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia..

Pohan, J. E., Atmazaki., & Agustina. (2014).Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Menulis Resensi di Kelas IX SMP 7 Padang Bolak. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 2(2) : 1-11.

Prasetyo, D., Fauzi, A., & Wiyono, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Modul Fisika Berbasis Empat Pilar Pendidikan dengan Spreadsheet Excel pada Materi Gerak Osilasi Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI IPA 2 SMA N 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan 1(1): 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i2.1429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter