EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG

Bernadeta Swahyuning Kasih(1*), I Dewa Putu Nyeneng(2), I Wayan Distrik(3),

(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA Fisika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B dan IX C di SMP N 28 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sample T-Test, nilai Sig (2-Tailed) kurang dari 0,05, maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang.

Kata Kunci: Jigsaw, Hasil Belajar, Pengaruh


Keywords


jigsaw; hasil belajar; pengaruh

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.

Çagatay, G., & Demircioglu, G. (2013). The Effect of Jigsaw-I Cooperative Learning Technique on Students’ Understanding about Basic Organic Chemistry Concepts. The International Journal of Educational Researchers. 4, (2), 30 -37.

Fitriani, C. R., Jalmo T., & Marpaung R. R. T. (2014). Perbandingan Penggunaan Model STAD dan Jigsaw Terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Materi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. 2,(1), 1-14.

Iweka, F. (2017). Effects of Authentic and Jigsaw II Learning Techniques on Students Academic Achievement in Mathematics. Global Journal of Arts, Humanities and Social Sciences. 5, (5), 18 - 24.

Jumarni, S., Sarwanto., & Masithoh, D. F. (2013). Penerapan Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. 1, (2), 34-40.

Maryani, D. I., Pargito., & Lusi, I. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi. 2, (3), 1-11.

Mehta, S., & Kulshrestha, A. K. (2014). Implementation of Cooperative Learning In Science: A Developmental-cum-Experimental Study. Journal of Educational Research International.

Musthofa, K. (2013). Pembelajaran Fisika Dengan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Mengoptimalkan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X-6 SMA MTA Surakarta. Jurnal Pendidikan Fisika. 1, (1), 55-63.

Rachmah, D. N. 2017. Effect of Jigsaw Method on Students Self Efficacy and Motivation to Learn. Journal of Educational, Health, and Community Psychology. 6, (3), 1-9.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalime Guru (Edisi Kedua). Jakarta: Rajawali Pers.

Ruwanti, J, T., & Yolida, B. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw Terhadap Penguasaan Materi Oleh Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. 2, (3), 1-13.

Şengül, S., & Katranci, Y. (2014). Effects of Jigsaw Technique on Seventh Grade Primary School Students’ Asttitude towards Mathematics. Procedia – Social and Behavioral Science. 116, (2014), 339 – 344.

Setyaningsih, C. A., Jalmo Tri., & Yolida, B. (2014). Kontribusi Anggota Tim Ahli dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. 2, (7), 1-13.

Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. 6, (2), 51-60.

Vanalita, M., Jalmo, T., & Marpaung, R. R. T. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. 2, (9), 1-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i2.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter