Pengaruh Keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis aneka sumber belajar terhadap hasil belajar fisika siswa
(1) Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung
(2) Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung
(3) Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis aneka sumber belajar terhadap hasil belajar fisika siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMAN 1 Bangunrejo. Desain penelitian menggunakan One - shoot case study. Analisis data dilakukan dengan uji linearitas dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data, kemampuan siswa dalam menjawab permasalahan pada setiap indikator kemampuan berpikir kritis mempengaruhi hasil tes kemampuan keterampilan berpikir kritis. Hasil tersebut didukung dengan hasil uji yang telah dilakukan dan menunjukan bahwa terdapat pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran berbasis aneka sumber belajar (kompilasi buku, power point dan video pembelajaran) terhadap hasil belajar fisika siswa, yang ditunjukan oleh nilai r2 ( R Square ) sebesar 0,157 artinya keterampilan berpikir kritis memiliki pengaruh sebesar 15,7% terhadap hasil belajar. Sementara koefisien korelasi sebesar 0,396 dan persamaan regresi Y = 62, 961+ 0, 205X1 menunjukan bahwa koefisien regresi bernilai positif sehingga peningkatan satu skor keterampilan berpikir kritis siswa akan dapat meningkatkan skor hasil belajar siswa sebesar 63,166.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis aneka sumber belajar, keterampilan berpikir kritis , hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1337
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.