PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro)

Yesi Budiarti(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Rendahnya kemampuan berpikir kreatif mahasiswa diduga karena proses pembelajaran cenderung lebih disibukkan dengan pemikiran bagaimana caranya agar seluruh materi dapat segera diberikan kepada mahasiswa. Cara ini cenderung tidak melibatkan mahasiswa dalam pembelajaran sehingga tidak dapat membentuk mahasiswa menjadi pribadi yang kreatif dan mandiri. Fokus utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Pembelajaran metode Creative Problem Solving terhadap kemampuan berfikir kreatif mahasiswa? Populasi 60 penelitian ini orang mahasiswa yang berasal dari kelas A dan B semester 6. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Data utama diperoleh melalui pengisian kuisioner. Sedangkan data tambahan diperoleh melalui penilaian produk, dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan Uji regresi untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran  metode Creative Problem Solving terhadap kemampuan berfikir kreatif mahasiswa pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro. Hasil pengolahan data membuktikan bahwa H0 diterima dengan nilai Sig.(2-tailed)  sebesar 0.984, atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengujian hipotesis kedua membuktikan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.49. Berdasarkan kriteria, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretes dengan posttes kelas eksperimen atau dengan kata lain H1 diterima.


Full Text:

PDF

References


Al-Muchtar, S. (2008). Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

Alexander, K. D. (2007). Effect of Instruction in Creative Problem Solving on Cognition, Creativity, and Satisfaction among Ninth Grade Students in An Introduction to World Agricultural Science and technology Course. Dissertation. The Graduate Faculty of Texas Teach University. [Online]. Tersedia: http://www.scirus.com

Isjoni. (2007). Cooperative Learning. Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Rachmawati, Y dan Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana

Supriadi, D. (2009). Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta

Supardan, D. (2010). Kreativitas Guru Sejarah dalam pembelajaran Sejarah (Studi Deskriptif-Analitis Terhadap Guru dan Implikasinya untuk Program Pengembangan Kreativitas Guru Sejarah Sekolah Menengah Umum di kotamadya Bandung). Tesis. Bandung: Universitas pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta dan Pusat Perbukuan DEPDIKNAS

Myrmel, M. K. (2008). Effect of Using Creative Problem Solving in Eight Grade Technology Education Class At Hopkins North Junior High School. Research Paper to Submitted in Partial Fulfillment of The Requirements for Master of Science Degree. The Graduate School University of Winconsin: Stout. [Online]. Tersedia: http://www.scirus.com

Peterson, CM. (2006). Creative Problem Solving Styles and Learning Strategies of Management Students: Implications for Teaching, Learning, and Work. Disertation. Oklahoma State University. [Online]. Tersedia: http://www.scirus.com




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116KotaMetro,KodePos 34111, Lampung, Sumatera - Indonesia

web stats
Promosi Stats

 

 

Flag Counter:

Flag Counter