PENGEMBANGAN PERANGKAT FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA

I Dewa Putu Nyeneng, Wayan Suana, hervin maulina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat flipped learning pada mata pelajaran fisika materi pokok Getaran Harmonis dan Impuls dan Momentum. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan terdiri atas silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), video pembelajaran dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, develop, implement, dan evaluate). Subjek pada uji ahli terdiri atas tiga orang pakar dalam bidang pendidikan fisika dan tiga orang guru fisika SMA dari beberapa SMA di Lampung. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, angket validasi ahli, angket validasi praktisi/guru, soal tes hasil belajar, dan angket tanggapan siswa. Data dari tahapan pengembangan analysis dan develop dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data dari tahapan implement (uji coba lapangan) dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan uraian pembahasan yang telah dipaparkan mengenai perangkat pembelajaran flipped classroom pada materi getaran harmonis dan impuls dan momentum, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, menarik, mudah dan bermanfaat diterapkan dalam pembelajaran fisika di SMA, akan tetapi memiliki tingkat efektivitas rendah dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : ADDIE, Flipped Classroom

 

This study aims to produce a flipped learning product on the subject of fundamental physics Harmonic Vibration and Impulse and Momentum. The resulting learning tools consist of syllabus, learning implementation plan (RPP), video learning sheet and student activity (LKPD). The development procedure in this research was using ADDIE model (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Subjects in expert tests consisted of three experts in physics education and three high school physics teachers from several high schools in Lampung. The instruments used include interview guides, expert validation questionnaires, practitioner / teacher validation questionnaires, learning test questions, and student response questionnaires. Data from the analysis and development stage were analyzed descriptively qualitatively while the data from the implementation stage (field trial) were analyzed descriptively quantitative. Based on the description of the discussion that has been presented about the learning device reversing class on the harmonic vibration and impulse and momentum’ matter, it can be concluded that the resulting instructional tool is valid, practical, interesting, easy and useful to be made. Applied in physics learning in high school, but has a low effectiveness improve student learning outcomes.

 

Key Words: ADDIE, Flipped Classroom

 


Full Text:

PDF

References


Daryanto. & Rahardjo, M. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media. Permendikbud. 2013.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Permendikbud.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suradnya, Luh Sri Asmarani, Eko Suyanto, Wayan Suana. 2016. Modul Interaktif dengan Program LCDS untuk Materi Cahaya dan Alat Optik. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 4 (2), 35-46.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tegeh, I Made dan I Made Kirna. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA. Vol 11 (1), 12-26.

Wulandari, Heni. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Flipped Classroom dan Diskusi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Akuntsnsi SMK Negeri Di Kabupaten Klaten. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter