PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS RME MATERI PENGUKURAN TIDAK BAKU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Kurangnya motivasi siswa untuk memperhatikan pembelajaran sering menjadi kendala dalam memahami konsep pengukuran tidak baku, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual seperti realistic mathematics education (RME) yang menarik perhatian siswa. Untuk mendukung pendekatan ini, diperlukan media pembelajaran yang interaktif dan relevan agar siswa lebih mudah memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi berbasis Realistic Mathematics Education (RME) sebagai media pembelajaran untuk materi pengukuran tidak baku yang valid dan praktis bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (research and development) dengan pendekatan model plomp, yang melibatkan tiga tahap utama: fase penelitian awal, fase prototipe, dan fase penilaian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Diperoleh validasi oleh ahli media (100%), ahli materi (91,67%), dan ahli bahasa (98,21%). Praktikalitas diuji oleh dua guru dan sembilan siswa. One-to-one evaluation menunjukkan siswa menyukai tampilan media pembelajaran yang disampaikan secara deskriptif, sedangkan small group evaluation menunjukkan kepraktisan dengan skor rata-rata siswa 93,56% dan guru 87,64%. Selain itu media ini terbukti membantu meningkatkan perhatian dan pemahaman siswa terhadap konsep pengukuran tidak baku dengan mendorong siswa untuk lebih sering bertanya dan lebih fokus dalam memperhatikan pembelajaran. Dengan demikian, video animasi berbasis RME ini dinyatakan sangat valid dan sangat praktis, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Lack of student motivation to pay attention to learning is often an obstacle in understanding the concept of non-standard measurement, so a more contextual learning approach is needed, such as realistic mathematics education (RME) that attracts students' attention. To support this approach, interactive and relevant learning media are needed so that students can understand the material more easily. This study aims to develop animated videos still based Realistic Mathematics Education (RME) as a learning medium for non-standard measurement material valid and practical for elementary school students. This research uses a development method (research and development) with the plomp model approach, which involves three main stages: the preliminary research phase, the prototype phase, and the assessment phase. Data were collected through observation, interviews, and questionnaires. Validation was obtained by media experts (100%), material experts (91.67%), and language experts (98.21%). Practicality was tested by two teachers and nine students. One-to-one evaluation shows that students like the appearance of learning media that is presented descriptively, whereas small group evaluation demonstrating practicality with an average student score of 93.56% and teacher score of 87.64%. In addition, this media has been proven to help improve students' attention and understanding of the concept of non-standard measurement by encouraging students to ask questions more often and focus more on paying attention to learning. Thus, this RME-based animated video is declared very valid and very practical, so it is worthy of being used as a learning medium.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalina, A., Yanti, F., & Warmansyah, J. (2022). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pengukuran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 306–312. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.378
Ayuni, R., Romadon, R., & Kusuma, A. I. (2022). Pengembangan video animasi pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai kewirausahaan di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 139–155. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.19462
Fitri, A., & Amelia, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Gunung Sahari Utara 01 Pagi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 945–956. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1199
Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Wijaya, T. T., Anggoro, S., & Diniya, D. (2021). Elementary Teachers’ Perceptions on Genially Learning Media Using Item Response Theory (IRT). Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(1), 1–20. https://doi.org/10.23917/ijolae.v4i1.14757
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912
Muncarno, M., & Astuti, N. (2018). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 103. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1356
Murtiyasa, B., & Anisyawati, F. A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Peningkatan Minat Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 986. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4710
Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 133. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.133-140
Plomp, T., & Nieveen. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206. Retrieved from http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509
Purna, I. N., Ardana, I. M., & Dantes, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pengendalian Kemampuan Numerik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 160. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32447
Rahmawati, A., & Kurniawan, A. (2023). Meta Analisis: Pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 233–243. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11502
Rezeki, S., Dahlia, A., & Amelia, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Wordwall Untuk Peserta Didik Fase E. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3136. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7188
Sriyanah, S., & ES, Y. R. (2023). Pengembangan Media Pebelajaran Berbasis Video Animasi Dengan Menggunakan Sparkol Pada Materi Trogonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3330. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6429
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: ALFABETA.
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Wulandari, I., Alim, J. A., & Putra, M. J. A. (2022). Pengembangan Video Animasi Materi Pengukuran Panjang dan Berat untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7078–7092. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2633
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i2.9954
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)