ANALISIS PROSES REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL)

Dwi Priyo Utomo(1*), Usmiyatun Usmiyatun(2), Minatun Nadlifah(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Representasi dapat diartikan sebagai model atau bentuk alternatif dari suatu situasi permasalahan yang digunakan untuk mencari solusi. Indikator representasi matematis menggambarkan tiga aspek utama representasi matematis, antara lain representasi visual, representasi simbolik, dan representasi verbal. Karena itu. dengan proses representasi, siswa mempunyai kesempatan yang baik dalam memecahkan masalah sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemilihan dan perubahan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 6 orang siswa SMP yang mempunyai tingkat kemampuan matematika tinggi (2), sedang (2), dan rendah (2). Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa enam siswa memilih menggunakan representasi visual dalam menyelesaikan soal HOTS. Sedangkan satu siswa dengan tingkat kemampuan matematika sedang memilih menggunakan representasi simbolik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa dengan tingkat rendah tidak mengubah representasi yang dibuat dalam bentuk representasi lain. Sedangkan siswa dengan kategori tingkat kemampuan sedang dan tinggi mengubah representasi yang dibuat menjadi representasi lain. Siswa dengan kemampuan matematika tingkat tinggi dapat membuat representasi visual dalam beberapa bentuk.

 

Representation can be interpreted as a model or alternative form of a problem situation that is used to find a solution. Mathematical representation indicators describe three main aspects of mathematical representation: visual, symbolic, and verbal. Therefore. With the representation process, students have a good opportunity to solve problems so they can solve the problem correctly. This research describes the process of selecting and changing students' mathematical representations in solving HOTS problems. The research approach used is qualitative research. The subjects of this research were six junior high school students who had high (2), medium (2), and low (2) levels of mathematics ability. The data collection techniques chosen by the researchers were tests and interviews. The research results showed that six students used visual representations to solve HOTS questions. Meanwhile, one student with moderate mathematical ability chose to use symbolic representation. This research concludes that low-level students do not change the representations made into other forms of representation. Meanwhile, students in the medium and high ability level categories changed the representation they created into another representation. Students with high-level math skills can create visual representations in several forms.


Keywords


Representation; Mathematical representation; HOTS questions

References


Ainunnisa, D. A., Praja, E. S., & Dewi, I. L. K. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Kubus Dan Balok. Journal of Authentic Research …, 3(2), 166–177. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.2572

Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221–232. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1829

Cahyaningrum, I. Y., Fuady, A., & Faradiba, S. S. (2023). Karakterisasi Representasi Matematis Visual dan Simbolik Siswa Kelas IX pada Materi Transformasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2646–2659. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.1944

Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika materi poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 46–62. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/10661/5289

Faradiba, R., Susiswo, S., & As’ari, A. R. (2019). Representasi Visual Dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 885. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12629

Fatra, M., Jatmiko, M. A., Sihombing, A. A., & Zahroh, U. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Siswa Madrasah Tsanawiyah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1146. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4909

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, A., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In PT. Global eksekutif Teknologi (pp. 1–215). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Hernawati, F. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berorientasi pada kemampuan representasi matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34–44. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9685

Kartika, H., & Mutmainah, S. (2019). Representasi Pengetahuan Secara Visual: Kajian Terhadap Orang Tunanetra dan Pemecahan Masalah Matematika Soal Cerita. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/10340

Lette, I., & Manoy, J. T. (2018). Representasi Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Musrikah, M., Asmarani, D., & Handoko, A. I. (2023). Karakteristik Representasi Visual, Verbal, Dan Simbolis Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2847. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6693

Ramadhan, M. I., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 975–984. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.975-984

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach) (Pertama). Deepublish.

Sani, L. D. Y., Santia, I., & Katminingsih, Y. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA pada Materi Trigonometri. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(2), 307. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.469

Sari, L. M., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Himpunan. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 331. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7220

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189–197. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631

Sutrisno, S., Sudargo, S., & Titi, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. JIPMat, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3626

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35464.65283

Verina, I. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Journal on Mathematics Education Research, 04(02), 38–53. https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/download/65077/25362

Widakdo, W. A. (2017). Mathematical Representation Ability by Using Project Based Learning on the Topic of Statistics. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012055. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012055

Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS). JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.21009/jisae.v3i1.4859

Widana, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH). https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.74




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.