PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “APLIKASI EDUKASI” BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK SISWA SMP

Riska Marisa Suherman(1), Depi Ardian Nugraha(2), Sinta Verawati Dewi(3*),

(1) Universitas Siliwangi
(2) Universitas Siliwangi
(3) Universitas Siliwangi
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini berangkat dari masalah siswa yang kesulitan memahami konsep perbandingan matematika dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan pembelajaran konvensional yang kurang interaktif serta minimnya penggunaan teknologi dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan, menguji kelayakan, dan menilai respons siswa terhadap media pembelajaran matematika berbasis aplikasi edukasi untuk materi perbandingan di SMP, sesuai pendekatan berdiferensiasi Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan metode pengembangan dengan model PPE (Planning, Production, Evaluation). Data dikumpulkan melalui wawancara dan tes diagnostik siswa, sementara validasi kelayakan media dilakukan oleh ahli media dan materi. Respon siswa dinilai melalui angket. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas VII G SMP Negeri 11 Tasikmalaya. Hasilnya adalah media pembelajaran “Aplikasi Edukasi” yang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa dengan beragam gaya belajar dinilai sangat layak oleh para ahli dan mendapatkan respons positif dari siswa. Hal ini menunjukkan media pembelajaran “Aplikasi Edukasi” memiliki potensi meningkatkan pembelajaran matematika secara menarik dan interaktif.

 

This research departs from the problem of students who have difficulty understanding the concept of mathematical comparison and relating it to everyday life. Conventional learning approaches that are less interactive and the lack of use of technology and the application of differentiated learning cause learning to be less interesting. This research aims to develop, test the feasibility, and assess student responses to educational application-based mathematics learning media for comparison material in junior high schools, according to the differentiated approach of the Merdeka Curriculum. The research uses a development method with the PPE (Planning, Production, Evaluation) model. Data were collected through interviews and student diagnostic tests, while media feasibility validation was carried out by media and material experts. Student responses were assessed through questionnaires. The research subjects involved students of class VII G SMP Negeri 11 Tasikmalaya. The result is the learning media ‘Aplikasi Edukasi’ which is designed to accommodate the learning needs of students with various learning styles is considered very feasible by experts and get positive responses from students. This shows that the ‘Educational Application’ learning media has the potential to improve mathematics learning in an interesting and interactive way.


Keywords


Aplikasi edukasi; pembelajaran berdiferensiasi; pengembangan media pembelajaran; perbandingan; PPE

References


Afolabi, F. (2021). Learning Styles: Tools for Understanding Media Selection and Learners’ Academic Achievement in Physics. Journal of Educational Sciences, 5(4), 584–597. https://doi.org/10.31258/jes.5.4.p.584-597

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2021). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 311–320. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.868

Annisa, N. A., Rusdiyani, I., & Nulhakim, L. (2022). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Aplikasi Game Edukasi Berbasis Android. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 201–213. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1939

Asiyah, S. R. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SDN Bulukerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(4), 1995–2014.

Baharuddin, Mendoza, M. D., Hutajulu, O. Y., & Fibriasari, H. (2023). The Utilization of Artificial Intelligence Based Chatbot in Interactive Learning Media. Journal of Engineering Education Transformations, 37(2), 174–188. https://doi.org/10.16920/jeet/2023/v37i2/23159

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Fitriyah, & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Griful-Freixenet, J., Struyven, K., Vantieghem, W., & Gheyssens, E. (2020). Exploring the interrelationship between Universal Design for Learning (UDL) and Differentiated Instruction (DI): A systematic review. Educational Research Review, 29(12), 1–56. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100306

Handayani, K. T. K., Sukawati, R. A., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital pada Materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 2(0), 1–9.

Julianto, I. N. L., Cahyadi, I. W. A. E. C., & Artawan, C. A. (2019). Interaktivitas Warna Sebagai Rangsang Visual Pada Ruang Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas 1 – 3 Di Kota Denpasar (Color Interactivity as Visual Stimulation in the Study Room of Grade 1-3 of Elementary Students in Denpasar City. Seminar Nasional Sandyakala, 56–64. https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/download/39/33/

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402

Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745–1756. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912

Mavidou, A., & Kakana, D. (2019). Teachers’ Experiences of a Professional Development Program for Differentiated Instruction. Creative Education, 10(03), 555–569. https://doi.org/10.4236/ce.2019.103040

Mumpuniarti, Mahabbati, A., & Handoyo, R. R. (2023). DIFERENSIASI PEMBELAJARAN (Pengelolaan Pembelajaran untuk Siswa yang Beragam) (1st ed.). UNY Press.

Noerhasmalina, Astuti, R., & Safitri, A. (2024). Media Pembelajaran Almath Game Berbasis Powerpoint Pada Materi Bentuk Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 610–619.

Nurhayati, E., Dewi, S. V., Mulyani, E., & Nurjamil, D. (2024). Pengembangan Media Interaktif dengan Articulate Storyline, Berdasarkan Uji Rater, Menggunakan Model PPE Pada Teorema Phytagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 364–378.

Nurhayati, E., Dewi, S. V., & Setialesmana, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scracth Untuk Mengoptimalkan Problem Solving Siswa. AKSIOMA, 12(1), 871–881. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6520

Rahman, A., Heryanti, L. M., & Ekanara, B. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/273

Rijal, A., & Zainaldi, R. A. (2024). Typography: Creating New Fonts As Visual Communication Design Media. Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek, 2(9), 25–42. https://ejournal.warunayama.org/kohesi

Risnanda, S., Krisnaningsih, G., & Muhtarom. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 11, pp. 1412–1420).

Rosmawaty. (2024). Feasibility Study of Audiovisual Learning Media in Case Method and Team-Based Project Models in Creative Writing Courses. Southeast Asia Language Teaching and Learning (SALTeL) Journal, 7(2), 1–9.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas) (E. Munastiwi & H. Ardi, Eds.; 1st ed.). Erhaka Utama. www.erhakautama.com

Saputri, R. P., & Fransisca, M. (2020). Analisis Kebutuhan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Simulasi Digital. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 902–909.

Septiani, A., Novaliyosi, & Nindiasari, H. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421–435.

Smets, W., De Neve, D., & Struyven, K. (2022). Responding to students’ learning needs: how secondary education teachers learn to implement differentiated instruction. Educational Action Research, 30(2), 243–260. https://doi.org/10.1080/09650792.2020.1848604

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryani, S., Zainudin, M., & Anggraini, A. E. (2024). Pengembangan multimedia interaktif berbantuan canva untuk menumbuhkan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. IICET, 10(2), 104–115.

Suwito, D., Budijono, A. P., Yunus, Kurniawan, W. D., & Soeryanto. (2020). Development of Learning Media Design Engineering Integrated with Machinery Element and Drawing Machine Based on Contextual Learning. International Conference on Science and Technology, 1569(032047), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/3/032047

Tsai, H. H., Chang, C. T., Hou, X. Y., Yong, Y. M., Chiou, K. C., & Yu, P. T. (2019). Interactive student response system with iBeacon and web-socket for flipped classroom learning. Journal of Computing in Higher Education, 31(2), 340–361. https://doi.org/10.1007/s12528-019-09226-x

Yusnidah, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Dan Audiovisual Serta Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 417–426. https://doi.org/10.17977/um038v4i42021p417




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.