PRAKTIKALITAS E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Nofrinaldi Hendriko(1*), Syafriandi Syafriandi(2), Armiati Armiati(3), Elita Zusti Jamaan(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author


Abstract


Salah satu standar kemampuan matematika yang berperan besar bagi siswa adalah kemampuan pemecahan masalah. Namun dalam kenyataannya Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih kurang baik. Hal ini dikarenakan siswa kurang berlatih dalam menyelesaikan soal-soal yang memuat kemampuan pemecahan masalah dan soal-soal non rutin, pembelajaran di kelas masih berfokus kepada guru, secara umum, materi pembelajaran yang digunakan terbatas pada buku pelajaran. Oleh karena itu, e-modul berbasis Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Prosedur pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan atau pembuatan prototipe serta fase penilaian. Subjek Uji coba adalah siswa Kelas VIII SMPN 1 Painan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validitas dan angket praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 3 orang ahli matematika, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli teknologi guruan. Uji praktikalitas dibatasi pada tahap Small group dengan 6 orang siswa. Penelitian menggunakan teknik deskriptif dan statistik deskriptif dalam analisis data. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbais PBL sudah valid dengan skor 90,51% dan praktis digunakan dengan skor pada tahap small group 81,15% . Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa e-modul berbasis PBL praktis dalam hal keterbacaan dan kejelasan materi, keterpakaian dan kemudahan penggunaan, daya tarik dan kesesuaian alokasi waktu serta praktis digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

One of the significant standards for students' mathematical abilities is problem-solving skills. However, in reality, students' mathematical problem-solving skills are still low. This is due to the need for more practice in solving problems that involve problem-solving skills and non-routine questions. Classroom learning is still teacher-focused, and instructional materials rely solely on textbooks. Therefore, an e-module based on Problem-Based Learning (PBL) has been developed to enhance students' problem-solving abilities. The development procedure follows the Plomp model, consisting of three phases: the initial investigation phase, the development or prototype creation phase, and the assessment phase. The trial subjects are eighth-grade students from SMPN 1 Painan. Research instruments used include validity questionnaires and practicality questionnaires. Validity testing involves three mathematics experts, one language expert, and one educational technology expert. Practicality testing is limited to the small group stage with six students. Research utilizes descriptive and descriptive statistical techniques in data analysis. The research results indicate that the PBL-based e-module is valid, with a score of 90.51%, and practical for use in the Small group stage, with a score of 81.15%. Based on the research findings, the PBL-based e-module is practical regarding readability and clarity of content, usability and ease of use, attractiveness and suitability of time allocation, and practical for enhancing students' mathematical problem-solving abilities.


Keywords


E-module; Mathematical Problem Solving Ability; Problem Based Learning

References


Afifah, Nur Dwi., E. a. (2023). Pengembangan E-Modul Otan Berbantu Phet Simulation Berbasis Flipbook Maker Pada Materi Operasi Hitung Pecahan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1018–1025. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6629

Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767

Clarisa, C., Rahma, F. L., Nur, F., Hasibuan, K., Khodijah, N., & Maysarah, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Memecahkan Masalah Struktur Aljabar Ring Materi Daerah Integral Dan Field. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 52–60.

Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990

Ilmi, R., Arnawa, I. M., Yerizon, & Bakar, N. N. (2021). Development of an Android-Based for Math E-Module by using Adobe Flash Professional CS6 for Grade X Students of Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012026

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908

Jayanti, M. A., & Pertiwi, K. R. (2023). Pengembangan e-modul berbasis pbl untuk meningkatkan kemampuan analisis dan rasa ingin tahu siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1), 112–127. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.23178

Kamila, M., & Imami, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1025. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p1025-1036

Khairunnisa, S., & Armiati. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas X IPA SMA Negeri 8 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(3), 115–121.

Kurniawan, R., & Syafriani, S. (2021). Praktikalitas dan Efektivitas Penggunaan E-Modul Fisika SMA Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(2), 135–141. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/572

Larkin, K., & Calder, N. (2015). Mathematics education and mobile technologies. https://doi.org/10.1007/s13394-015-0167-6

Lestari, W. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 41. https://doi.org/10.33603/e.v8i1.3205

Mangelep, N. O., Mahniar, A., Nurwijayanti, K., Yullah, A. S., & Lahunduitan, L. O. (2024). Pendekatan analisis terhadap kesulitan siswa dalam menghadapi soal matematika dengan pemahaman koneksi materi trigonometri. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4358–4366.

Musaad, F., & Suparman, S. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Memacu Kemampuan Berfikir Kritis Abad-21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3162–3171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6119

Novalita, D., Syarifuddin, H., & Za, N. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekatual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Gadang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 12–19.

Plomp, T., & Nienke Nieveen. (2013). An Introduction: Educational Design Research. Enshede: Netherlands Institute For Curriculum Development (SLO).

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press. Yogyakarata: Diva Press.

Putri, M., & Junaedi, I. (2022). Development of Ethnomathematics-Based E-Module Using the Inquiry Learning Model to Improve Mathematical Problem Solving Ability. Unnes Journal of Mathematics Education, 11(2), 174–182.

Rahmadina, Asmar, A., Yerizon, & Syarifuddin, H. (2022). Improving students’ mathematical critical and creative thinking skills through problem based learning (PBL) e-module development. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 36(1), 116–126.

Ratnasari, D., & Yulia, P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Pbldan Taiterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswakelas Vii Smp Negeri 47 Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1195

Roskaputri, F., Mardiyana, M., & Fitriana, L. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Menggunakan Liveworksheets Sebagai Bahan Pembelajaran Mandiri Pada Masa Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2029. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4331

Septiati, E., Misdalina, M., & Rohana, R. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Konsep Dasar Bilangan Berbasis Flipped Classroom Bagi Mahasiswa Pgsd. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1173. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4976

Sofyan, H. K. T. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarata: UNY Press.

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9638

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Umaroh, I., & Zainudin, M. (2020). Studi Meta-Analisis : Pengaruh Prolem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM PGI IKIP Bojonegoro, 1, 644–649. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1108

Wulandari, S., Octaria, D., & Mulbasari, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Builder Berbasis Contextual Teaching and Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 389. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4628

Zulfah, Fauzan, A., & Armiati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Materi Matematika Kelas Viii. Journal Pendidikan Matematika, 12(2), 33–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i3.8921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.