PENGEMBANGAN PLATFORM DIGITAL LINKTREE BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MEMFASILITASI LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI TERINTEGRASI AL-QURAN/HADIST

Nurmalia Khoirunisa Zain(1), Ulfa Masamah(2*), Mohammad Arul Sholehuddin Nursirot(3), Muhammad Maulidani(4),

(1) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(2) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(3) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(4) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Literasi digital menjadi kompetensi penting di era transformasi digital ini, yang membantu siswa mengidentifikasi dan mengevaluasi sumber informasi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform digital Linktree berbantuan Wordwall untuk mengintegrasikan pembelajaran geometri berbasis Al-Qur'an/Hadits bagi siswa Sekolah Menengah Pertama, dalam rangka meningkatkan literasi matematika digital mereka. Menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model 4D, terdiri dari 20 siswa Kelas VIII SMP Islam Sabilurrosyad Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes, dianalisis dengan SPSS 17.0. Hasil validasi menunjukkan aspek media memperoleh skor 96,91%, materi 97,34%, integrasi 90,50%, aspek pembelajaran 86,50%, dan literasi digital 91,50% (semua kategori sangat valid). Uji coba kelompok kecil memperoleh skor praktikalitas sebesar 91,27%, sedangkan uji lapangan memperoleh skor 88,81%. Uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan literasi digital yang signifikan dengan N-gain sebesar 0,72. Oleh karena itu, platform Linktree yang dibantu Wordwall ini valid, praktis, dan efektif dalam memajukan literasi matematika digital siswa Sekolah Menengah Pertama

 

Digital literacy is an essential competency in this digital transformation era, helping students identify and evaluate information sources effectively. This study aims to develop a Wordwall-assisted Linktree digital platform for integrating geometry learning based on the Quran/Hadith for Junior High School students, enhancing their digital mathematical literacy. Using the Research and Development (R&D) method with a 4D model, the research included 20 Grade VIII students in Malang City. Data collection utilized interviews, observations, and tests, analyzed with SPSS 17.0. The validation results revealed the media aspect scored 96.91%, material 97.34%, integration 90.50%, learning aspect 86.50%, and digital literacy 91.50% (all rated as very valid). Small group trials achieved a practicality score of 91.27%, while field tests scored 88.81%. Effectiveness testing indicated a significant improvement in digital literacy with an N-gain of 0.72. Therefore, the Wordwall-assisted Linktree platform is considered valid, practical, and effective in advancing the digital mathematical literacy of Junior High School students.


Keywords


Platform digital; Linktree berbantuan Wordwall; Pembelajaran matematika berbasis al-Quran/Hadits; Geometri; Literasi Digital Matematis

References


Ayuniara, R., & Nasution, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Linktree Dengan Metode Blanded Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi SPLDV. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 76–90. https://doi.org/10.54367/cartesius.v7i1.3830

Barde, S. A., & Patil, D. S. R. (2022). Blended Learning and Its Influence on Mathematics Education. International Journal of Advance and Applied Research, 05(August), 96–103. https://doi.org/10.21125/iceri.2022.1080

Cholily, Y. M., Hasanah, S. N., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2021). Literasi Digital Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometry Flipbook (SGF). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1736. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3898

Derlina, D., & Afriyanti, L. (2016). Efek Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Media Visual Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 153–163. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8080

Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 31. https://doi.org/10.30651/must.v6i1.6966

Faiza, N. N., & Wardhani, I. S. (2024). Media Pembelajaran Abad 21: Membangun Generasi Digital yang Adaptif. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1–10. https://doi.org/10.62281/mp78cj26

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Khairunnisa, G., & Ilmi, Y. I. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Klorina, M. J., & Juandi, D. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa di Indonesia Ditinjau dari Self-Efficacy: Systematic Literature Review (SLR). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 181–192. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6435

Kuswidi, I. (2015). Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 195–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.49

Mahmudah, F. N., Setyaningrum, W., & Faisal, M. (2024). Tren Penelitian Integrasi ICT dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 895–906. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i3.8635

Miftah, R., Kurniawati, L., & Musa, K. F. (2024). Development of Prospective Teacher Student Worksheets Through Interactive Case-Based Learning Model Assisted by Cublend App to Improve Mathematical Literacy Skills. Mathematics Teaching-Research Journal, 16(4), 76–93. https://doi.org/10.31004/mtrj.v16i4.1442

Muslimin, M., & Sunardi, S. (2021). Pengembangan Modul Geometri Ruang Problem Based Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 101–111. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.10140

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 43.

Nurafni, & Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 217–225. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17317

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryaningtyas, W., Farah, N. S., Kristanti, F., & Soemantri, S. (2024). Penggunaan Media STEM-Linktree dengan Soal Cerita. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 9(2), 92–111. https://doi.org/http://doi.org/10.30651/must.v5i1.24747

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota

Yani, A., Buyung, B., Rosmaiyadi, R., Marhayani, D. A., Nirawati, R., Triani, S. N., & Soeharto, S. (2025). Examining the relationship between mathematical literacy and digital literacy among pre-service mathematics teachers. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 21(5), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejmste/16392




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i2.8886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.