PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN

Anggi Meylia Saraswati(1*), Abdul Aziz Saefudin(2),

(1) PGRI University of Yogyakarta
(2) PGRI University of Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


The study explain about implementation Group Investigation’s model of mathematics learning in set subject. Group Investigation’s model is cooperative learning models that requires students to be actively involved, creative, dan scientific to develop idea to solve some problems. The implementation Group Investigation’s model of mathematics learning based on teacher centered learning problem. The implementation Group Investigation’s model of mathematics learning in set subject expected to be a solution of the problem learning and the learning can go well.


Keywords


Group Investigation; Pembelajaran Matematika

References


Atik, T. Y. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Tema Lingkungan pada Siswa Kelas II SDN Lebani Suko Wringinanom. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya, Vol. 1, Hal 4, 21-22.

Eka, K., dan Ridwan, M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Istikomah dkk. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Universitas Diponegoro. Vol.6, Hal 40-43.

Mutmainah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDIT Bina Insani. Artikel Skripsi: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Peraturan Pemerintah No 19 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 19. Jakarta:Depdiknas.

Praptiwi & Handika. 2012. Efektivitas Metode Kooperatif Tipe GI dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika IKIP PGRI Madiun, Vol.3, Hal 41-50.

Ratnaya, I. G. 2013. Jurnal Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Jilid 46 Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 2, Hal 133.

Rini, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) menggunakan Local Material Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi, dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMAN 1 Mojo Kediri. Artikel Skripsi: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rusdi, S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Artikel Skripsi: Universitas Negeri Lampung.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Slavin, R. E. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Wahyudi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD 1. Prosiding: Universitas Kristen Satya Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.