PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMADI (KOMIK MATEMATIKA DIGITAL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR
(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ayuningtyas, A. D., & Dafid, S. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630
Dewi, A. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun. Jurnal Literasi Digital, 1.
Fahreza, V., Sumilat, J. M., Anggraheni, D., Wayansari, C., & Leonard. (2022). The Development of E-Comic Learning Media for Elementary School Mathematics Learning. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 12(2).
Fendrik, M., Marsigit, & Muhammad, N. W. (2020). Analysis of Riau Traditional Game-based Ethnomathematics in Developing Mathematical Connection Skills of Elementary School Students. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 19(3). https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.734497
Kurniawarsih, M., & Indra, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(1).
Nasution, A. E., & Hidayah, M. W. (2019). E-KOMPEN (Elektronik-Komik Pendek) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital. Jurnal Iqra’, 13.
Negara, H. S. (2014). Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1.
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05.
Saputra, V. I., & Donaya, P. (2021). Comics as Learning Medium During the Covid-19 Pandemic. PROC. INTERNAT. CONF. SCI. ENGIN, 4.
Saputri, A. E., & Windia, H. (2021). Pengembangan E-Book Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3578 1008
Saputro, A. D. (2015). Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. MUADDIB, 05.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. nyoman. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03.
Sulistyorini, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas V SD Berbasis Budaya. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1.
Sumiyati, W., Netriwati, & Rakhmawati, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Desimal: Jurnal Matematika, 1.
Supriadi, Arisetyawan, A., & Tiurlina. (2016). Mengintegrasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Banten Pada Pendirian SD Laboratorium UPI Kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510
Widodo, S. A. & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1).
Wulandari, I. M., & Anugraheni, I. (2021). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Visual Pada Materi Kerucut dan Tabung di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7. https://doi.org/10.5281/zenodo.4683023
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6504
Refbacks
- There are currently no refbacks.