PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNO-STEM PADA USAHA KERAJINAN PAHATAN BATU DI MUNTILAN
(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan jaman membawa perubahan dalam pendidikan, khususnya mengenai perubahan kurikulum yang digunakan sebagai pedoman proses pembelajaran di sekolah. Pada saat ini Indonesia sedang melaksanakan kurikulum merdeka, dimana kurikulum ini merupakan kurikulum pemulihan akibat dampak dari virus covid-19. Disamping itu terdapat beberapa permasalahan yang timbul pada proses pembelajaran contohnya adalah mengenai bahan ajar yang harus digunakan untuk proses belajar dan mnegajar kemudian mengenai kurangnya minat ketertarikan untuk mempelajari kebudayaan daerah peserta didik. Sehingga peneliti akan mengembangkan bahan ajar dengan tujuan (1) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar berbasis etno-STEM pada usaha kerajinan pahatan batu di Muntilan (2) Mengetahui kelayakan hasil produk pengembangan bahan ajar berbasis etno-STEM pada usaha kerajinan pahatan batu di Muntilan. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) menggunakan model project based learning berbasis etno-STEM. LKPD yang telah dirancang juga diujicobakan kepada 16 siswa di SMP. LKPD disusun berdasarkan langkah-langkah pada metode penelitian yaitu mengenai analisis kebutihann, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk yang disusun kemudian evaluasi dari implementasi produk yang dilakukan. Hasil kelayakan produk adalah produk layak digunakan dengan kategori sangat baik berdasarkan persentase kevalidan data dengan perbaikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Winahyu , dkk. 2020. PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MIN PANGKAJENE KEPULAUAN. Pedagogy : jurnal Pendidikan matematika, Vol. 5 No.2. di akses pada 2020 dari http://repository.uncp.ac.id/127/1/23.%20Artikel%20Pengaruh%20pendekatan%20STEM%20Berbasis%20Etnomatematika.pdf
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology Engineering, Art and Mathematics): Pembelajaran Untuk Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21. Seminar Nasional Matematika dan Sains dengan Tema “STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” di FKIP Universitas Wiralodra Indramayu [diaksees 19-09-2019]
Laboy-Rush, D. (2010). Integrated STEM Education through Project-Based Learning. New York: Learning.com.
Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education : Challenges and Oppurtunity. Arlington, VI: National Science Teacher Association (NSTA) Press
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Purwaningsih, Margareta Retno Dwi. (2019).Kajian Etnomatematika Terkait Aktivitas Pembuatan Pahat Batu di Dusun Sidoharjo Desa Tamanagung kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Diakses 2019 dari https://repository.usd.ac.id/35260/2/151414105_full.pdf.
Asmawati, E.Y & Undang R.(2018). Efektivitas Instrumen ASesmen Model Creative Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2),128-143.
Ariani, Sudarmin, & Nurhayati. (2019). Analisis Berpikir Kreatif Pada Penerapan Problem Base Learning Berpendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2307–2317.
Hardini, I., & Pusputasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.
Jalaluddin. (2016). Model-Model Pembelajaran dan Implementasi dalam RPP. Palembang: Media Mutiara Lentera.
Siwardani, N. W., Dantes, N., & Sunu, I. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran ADDIE Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2014/2015. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1–10).
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.6368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)