Pendekatan Saintifik melalui Model Pembelajaran STEM untuk Mendukung Kemampuan Communication, Problem solving Matematis dan Self-Efficacy
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran matematika dikelas harus dapat memberi pembelajaran yang bermakna serta dapat menggunakan teknologi dalam pembelajarannya agar siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dan mendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan communication, problem solving dan self-efficacy siswa dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran STEM. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Desain penelitian yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah One-Group Pretest-Post-test Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Silaen semester genap pada materi trigonometri dengan jumlah sampel sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa intrumen tes dan non tes. Instrumen jenis tes adalah tes kemampuan komunikas dan problem solving berupa prestest dan post-test sedangkan instrumen non-tes adalah angket Self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran STEM dapat meningkatkan kemampuan communication dan problem solving serta meningkatkan self-efficacy siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Antarini, S., Awaludin, A., & Pratama, D. F. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Saintifik pada Pembelajaran Praktikum. Journal of Elementary Education, 3(1), 7–11.
Anwar, A., & Santosa, R. H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau dari Prestasi Belajar Dan Self-Efficacy Matematika Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49–57. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1560
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058
Arisa, N., Johansyah, & Ali Hanif, M. K. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Novick terhadap Pemahaman Siswa SMK Negeri 17 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(01), 45–55. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.77
Fauziah, I., Maarif, S., & Pradipta, T. R. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Analisa, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3916
Gunawan, P., Ernawati, A., Hasnawati, Amrullah, F., & Asmar, S. (2020). Model Pembelajaran STEAM ( Science , Technology , Engineering , Art , Mathematics ) Dengan Pendekatan Saintifik. In Buku.
Halimah, S. N., & Rahmi, D. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segi Empat dan Segitiga: Analisis Deskriptif Berdasarkan Keaktifan Belajar di MTs Bustanul Ulum. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 357. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.10490
Hayati, L., & Mulyani. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 60–63.
https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpm.v14i1.998
Hendriana, H., Hidayat, W., & Ristiana, M. G. (2018). Student teachers ’ mathematical questioning and courage in metaphorical thinking learning Student teachers ’ mathematical questioning and courage in metaphorical thinking learning. Journal of Physics: Conference Series, 948(1).
Herlawan, & Hadija. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII melalui penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 33–38.
Jumroh, J., Mulbasari, A. S., & Fitriasari, P. (2018). Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Inquiry Based Learning Di Kelas Vii Smp Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 29–42. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2480
Khalishah, N., & Mahmudah, U. (2022). Analisis Perkembangan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Keterampilan Abad 21. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 417–431.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.
NCTM. (2000). Principles and Standard for School Mathematics. In The Arithmetic Teacher (Vol. 29, Issue 5). Virginia: NCTMinc. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059
Nilawati, N., Duskri, M., & Trina Sari, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa. MaPan, 7(1), 85–98. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a7
Novferma, N. (2016). Analisis kesulitan dan self-efficacy siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika berbentuk soal cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403
Rahmadhani, E. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pembelajaran Dengan Strategi React. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 14. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1415
Reeve, E. M. (2013). Implementing Science , Technology , Mathematics , and Engineering ( STEM ) Education in Thailand and in ASEAN A Report Prepared for : Prepared by : 1–22.
Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, 19(2), 112–131. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sukoco, H., & Mahmudi, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 11–24.
Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis PBL. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3555
Syasri, S. I. R., Hasanuddin, H., & Noviarni, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 43. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4770
Tan, S. Y., & Halili, S. H. (2015). Effective Teaching of Higher-Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(2), 41–47.
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
Yuliani, A., Rohaeti, E. E., Sariningsih, R., Afrilianto, M., Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2023). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP IT Budi Luhur Cimahi Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 73–82. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.10922
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6148
Refbacks
- There are currently no refbacks.