PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMACU KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS ABAD-21

Faida Musaad(1), Suparman Suparman(2*),

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahalan
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan berfikir kritis merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa pada abad-21. Problem based learning adalah model pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan berfikir kritis siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan selama masa pandemic covid-19 yaitu secara daring sehingga menuntut siswa untuk melakukan proses pembelajaran secara mandiri menggunakan bahan ajar e-modul yang disiapkan oleh guru. Namun belum tersedianya modul pembelajaran yang berbasis E-modul yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis Problem based learning untuk memacu kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan Research & Development dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Develompment, Implementasi, Evaluasion). Subjek penelitian adalah 2 guru dan 15 siswa SMP kelas 7 di Kota Sorong. Data penelitian berupa kurikulum, materi pelajaran, karakterisitik siswa, sumber belajar, skor kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan E-modul berada pada rerata 4,39 dan berada pada kategori valid sedangkan dari segi ahli materi berada pada rerata 5 dengan kategori valid dan kepraktisan e-modul terlihat pada hasil respon siswa dengan berada pada rerata 4,325 dengan kategori sangat praktis serta keefektifan e-modul terlihat pada rerata nilai N-gain 0,683. E-Modul yang dihasilkan layak digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, model pembelajaran problembased learning akan lebih efektif dalam memacu kemampuan berfikir kritis apabila guru menggunakan e-modul ini.


Keywords


Abad-21; Berpikir Kritis; E-Modul; Pengembangan

References


Andila, Kiki, Hadma Yuliani, and Nur Inayah Syar. 2021. “Pengembagan Bahan Ajar Fisika Berbentuk E-Modul Berbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi EXe-Learning Pada Materi Usaha Dan Energi.” Kappa Journal 5(1):68–79.

Budiarti, Santi, Murbangun Nuswowati, and Edy Cahyono. 2016. “Guided Inquiry Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.” Journal of Innovative Science Education 1(1):1–9.

Cheung, Lawrence. 2016. “Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation.” Journal of Biomedical Education 2016:1–6.

Dwi Lestari, Hilmania, and Desak Putu Parmiti Putu Parmiti. 2020. “Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Journal of Education Technology 4(1):73.

Gunawan, Gunawan, Ahmad Harjono, Lovy Herayanti, and Sadam Husein. 2019. “Problem-Based Learning Approach with Supported Interactive Multimedia in Physics Course: Its Effects on Critical Thinking Disposition.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 7(4):1075–89.

Gusmida, Rifqa, and Nur Islami. 2017. “The Development of Learning Media for the Kinetic Theory of Gases Using the ADDIE Model with Augmented Reality.” Journal of Educational Sciences 1(1):1.

Hadi, Selasih Putri Isnawati, Tjahjono Kuntjoro, Sri Sumarni, Muh. Choiroe. Anwar, Melyana Nurul Widyawati, and Rr. Sr. Endang Pujiastuti. 2017. “The Development of E-Partograph Module As a Learning Platform for Midwifery Students: The Addie Model.” Belitung Nursing Journal 3(2):148–56.

Kiswanda, V., P. Aswirna, and ... 2022. “Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Stem Dengan Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas Xi.” Journal Cerdas ….

Kusumadewi, Rida Fironika, Sari Yustiana, and Khoirotun Nasihah. 2020. “Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di Sd.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 1(1):7–13.

Kusumah, R. G. T., A. Walid, I. Sugiharta, E. P. Putra, I. Wicaksono, and M. Erfan. 2020. “Construction of High School Chemistry Module, Based on Problem-Based Learning (PBL) on Salt Hydrolysis Material for Gifted Students.” Journal of Physics: Conference Series 1467(1).

Rahmat, M. Rahmat, Asep Ginanjar Arip, and Sofyan H. Nur. 2020. “Implementation of Problem- Based Learning Model Assisted by E-Modules on Students’ Critical Thinking Ability.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 9(3):339.

Ranny, R., and R. Zainul. 2019. “Pengembangan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Discovery Learning Untuk SMA/MA.” Journal of RESIDU.

Saputra, Maskhur Dwi, Soetarno Joyoatmojo, Dewi Kusuma Wardani, and Khresna Bayu Sangka. 2019. “Developing Critical-Thinking Skills through the Collaboration of Jigsaw Model with Problem-Based Learning Model.” International Journal of Instruction 12(1):1077–94.

Seruni, R., S. Munawaroh, F. Kurniadewi, and M. Nurjayadi. 2020. “Implementation of E-Module Flip PDF Professional to Improve Students’ Critical Thinking Skills through Problem Based Learning.” Journal of Physics: Conference Series 1521(4).

Sesmiyanti, S., R. Antika, and S. Suharni. 2019. N-Gain Algorithm for Analysis of Basic Reading. eprints.eudl.eu.

Sholeha, Jumrotus, Jimmi Copriady, and Rasmiwetti. 2018. “The Development of E-Module Based on Problem Based Learning For The Main Topic of Electrolyte and Non-Electrolyte Solvent.” The 3rd International Conference on Science and Technology 48-.

Situmorang, Minar, Yustina Yustina, and Wan Syafii. 2020. “E-Module Development Using Kvisoft Flipbook Maker through the Problem Based Learning Model to Increase Learning Motivation.” Journal of Educational Sciences 4(4):834.

Suhirman, S., Saiful Prayogi, and Muhammad Asy’ari. 2021. “Problem-Based Learning with Character-Emphasis and Naturalist Intelligence: Examining Students Critical Thinking and Curiosity.” International Journal of Instruction 14(2):217–32.

Syarlisjiswan, Muhammad Ridho, Sukarmin, and Daru Wahyuningsih. 2021. “The Development of E-Modules Using Kodular Software with Problem-Based Learning Models in Momentum and Impulse Material.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 1796(1).

Winaya, I. Kadek Adi, I. Gede Mahendra Darmawiguna, and I. Gede Partha Sindu. 2016. “Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di Smk Negeri 3 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 13(2):198–211.

Yazar Soyadı, Bengi Birgili. 2015. “Creative and Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning Environments.” Journal of Gifted Education and Creativity 2(2):71–71.

Yunus, Nur Rohim, and Annissa Rezki. 2020. “Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7(3):227–38.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.