PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI BANGUN RUANG BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SEKOLAH DASAR
(1) Jember University
(2) Jember University
(3) Jember University
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengembangan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang berbantuan GeoGebra yang valid, praktis, efektif dan menganlisis pengaruhnya terhadap kemampuan spasial siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kombinasi atau mix method. Penelitian ini menggabungkan dua bentuk penelitian yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas siswa VI yang terdiri dari kelas uji coba, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengembangan perangkat pembelajaran dilaksanakan melalui 4-D yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang berbantuan GeoGebra berupa RPP, LKS dan tes kemampuan spasial siswa yang valid, praktis dan efektif. Koefisien validitas RPP, LKS dan tes kemampuan spasial siswa berturut-turut adalah 3,80; 3,53; 3,58. Kriteria kepraktisan terpenuhi dari hasil keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 91,8% dengan kategori sangat baik. Kriteria keefektifan terpenuhi dari hasil observasi aktivitas siswa sebesar 93,41% dengan kategori aktif, angket siswa 89% respon memilih positif dan 82,2% siswa memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan penelitian eksperimen dan observasi, terdapat pengaruh yang signifikan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan spasial siswa dengan nilai signifikasi 0.026 .
Kata kunci: Bangun Ruang; GeoGebra; Kemampuan Spasial; Perangkat Pembelajaran.
This study aims to analyze the results of the development of a geogebra-assisted space geometry learning tool that is valid, practical, effective and analyzes its effect on students' spatial abilities. The research method used in this study is a combination research method or mix method. This research combines two forms of research, namely qualitative research and quantitative research. The research subjects in this study consisted of three classes of VI students consisting of a trial class, an experimental class and a control class. The process of developing learning tools is carried out through 4-D, namely defining, designing, developing and disseminating. The results of the development of geometry learning tools build GeoGebra-assisted spaces in the form of Learning Implementation Plans, Student Worksheets and valid, practical and effective student spatial ability tests. The validity coefficient of the Learning Implementation Plan, Student Worksheet and student spatial ability test in a row is 3.80; 3,53; 3,58. The practicality criteria were met from the results of the implementation of learning tools by 91.8% with an excellent category. The effectiveness criteria were met from the results of student activity observations of 93.41% with the active category, student questionnaires 89% of responses chose positive and 82.2% of students met the completion.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afkarina I.M., Sunismi, & Alifiani. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran SFCT Dengan TSTS Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII MTS Negeri 10 Jember. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 14(9), 21–29.
Ahdhianto, E., Marsigit, Haryanto, & Nurfauzi, Y. (2020). Improving fifth-grade students’ mathematical problem-solving and critical thinking skills using problem-based learning. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2012–2021. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080539
Alam, P. P. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta Didik Kelas X Man I Baraka Enkerang. Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika, 21(1), 5–9. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/index
Cetin, Y., Mirasyedioglu, S., & Cakiroglu, E. (2019). An inquiry into the underlying reasons for the impact of technology enhanced problem-based learning activities on students’ attitudes and achievement. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(79), 191–208. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.79.9
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020a). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020b). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
In’am, A. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Matematika berbasis Metakognitif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1), 24-32.
Ljajko, E., & Ibro, V. (2013). Development of ideas in a GeoGebra – aided mathematics instruction. Mevlana International Journal of Education, 1–7. https://doi.org/10.13054/mije.si.2013.01
Melisa M. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing yang Valid Pada Perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak I. Lemma : Letters of Mathematics Education, 1(2), 21-27. Retrieved from https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/jurnal-lemma/article/view/533
Pamungkas, D., & Sudihartinih, E. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Calon Guru Matematika Terhadap Aplikasi Geogebra Pada Pembelajaran Geometri Analitik. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 223–232. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp223-232
Purwanti, R.D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. Retrieved from http:/ejournal.radenintan.ac.id
Rahman A, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Thesis. Universitas Bung Hatta. Retrieved from http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5993
Safarandes A.A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMK Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interactive. Jurnal Pendidikan. Pasundan Journal of Mathematics Education, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2649
Siswanto, R. D., & Azhar, E. (2018). Workshop Penerapan Software GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Pademangan Barat. Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 8(3). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/6421
Syahputra, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistic. Cakrawala Pendidikan, 3(3), 353–364. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1624
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5568
Refbacks
- There are currently no refbacks.