PENGARUH STRATEGI MATEMATICAL HABITS OF MIND PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN

Nafa'atiz zikra(1*), Rahayu Condro Murti(2), Budiharti Budiharti(3),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penalaran matematis adalah salah satu komponen inti pembelajaran matematika, dan keterampilan serta inovasi pembelajaran yang terinformasi diakui sebagai cara untuk meningkatkan kualitas dan potensi manusia di abad ke-21. Berdasarkan penjelasan diatas, tujuan penelitian ini  mengetahui pengaruh strategi Matematical of mind pada prestasi matematika mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian adalah mahasiswa PGSD semester 2. Jumlah responden yang digunakan sebagai sampel 38 orang populasi ditentukan menggunakan teknik random sampling, sehingga didapatkan sampel 25 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode pre-eksperimen, dengan menggunakan uji-t satu sampel. Pengumpulan data melalui Tes. Hasil Tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa menggunakan beberapa butir soal operasi bilangan  menggunakan pretest dan posttest. Berdasarkan Tabel one-sample Test hasil uji-t prestasi belajar didapatkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka tolak . Selain itu, nilai statistik-t sebesar 8.085 > t-tabel (1,708) maka tolak . Jadi dapat disimpulkan bahwa Rata-rata nilai prestasi matematika mahasiswa belajar dengan menggunakan strategi Matematical Habbits of Mind pada pembelajaran Operasi Bilangan kurang dari atau sama dengan 70 . Hal ini dapat dikatakan terdapat pengaruh pengaruh signifikan strategi Matematichal Habbits of Mind pada pembelajaran daring terhadap prestasi belajar Matematika materi operasi bilangan Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta.

Kata Kunci: Matematical habbits of mind, Prestasi Belajar , Pembelajaran Matematika.


References


Fendrik, M., Alpusari, M., Yosi, A., & ... (2018). The Enhancement of Primary Students’ Mathematical Connectionsand Habits of Mind Abilities Using REACT Strategy. … of the UR International …, 978–979. https://ices.prosiding.unri.ac.id/index.php/ICES/article/view/6455

Mahmudi, A., & Sumarmo, U. (2015). Pengaruh Strategi Mathematical Habits of Mind (Mhm)Berbasis Masalah Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 216–229. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4229

Manmai, T. O., Inprasitha, M., & Changsri, N. (2021). Cognitive Aspects of Students’ Mathematical Reasoning Habits: A Study on Utilizing Lesson Study and Open Approach. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 29(4), 2591–2614. https://doi.org/10.47836/pjssh.29.4.27

Moma, L., & Dahiana, W. O. (2018). Pengembangan Habits Of Mind Matematis Mahasiswa. Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon, 142–150.

Ningrum, P., & Rahmawati, R. D. (2021). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Dalam Pembelajaran Daring. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1394

Nurmala, N., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Berpikir) Terhadap Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp. Journal on Education, 1(2), 163–168. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/41

Nuurjannah, P. E. I., Hendriana, H., & Fitrianna, A. Y. (2018). Faktor Mathematical Habits of Mind dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 51. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.423.

Pendidikan, P., Dari, D., & Minat, S. (2018). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD Vol. 4 No. 1. 4(1), 38–46.

Riduwan. (2012). Belajar mudah penelitian (8th ed.). Alfabeta.

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan RnD (11th ed.). Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2022). Pengaruh Habit of Mind terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Metode Pembelajaran Improve. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1253

Suwaibah, D., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan Mathematical Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Matematics Pedagogic, IV(2), 126–135.

Wulan, D. R., Widoyani, W. L., Nopriana, T., & Miladiah, A. (2020). Profil Berpikir Geometri Van Hiele dan Habits Of Mind Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika. 2(1), 477–484.

Yandari, I. A. V., Supartini, S., Pamungkas, A. S., & Khaerunnisa, E. (2019). The Role of Habits of Mind (HOM) on Student’s Mathematical Problem Solving Skills of Primary School. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 47–57. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i1.4018




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.